Follow Us

4 Cara Atur Uang untuk Pekerja Baru, Waspada Terjebak Perilaku Konsumtif

Wulan - Jumat, 20 Mei 2022 | 22:00
CEO & Principal Consultant ZAP Finance Prita Ghozie
Dok. Shopeepay

CEO & Principal Consultant ZAP Finance Prita Ghozie

CERDASBELANJA.ID – Bagi para profesional muda yang baru mulai meniti karier, menjalani hidup mandiri dan menghasilkan pendapatan sendiri menjadi salah satu pencapaian yang membanggakan.

Namun, jika tidak diimbangi dengan pengelolaan yang bijak, berbagai masalah berpotensi muncul dan memengaruhi kondisi keuangan jangka panjang.

Skenario ini juga didukung oleh hasil survei terkait perilaku keuangan oleh Zigi dan Katadata Insight Center (KIC) yang menyatakan, mayoritas generasi Z dan generasi Y memiliki proporsi pengeluaran bulanan yang cenderung lebih besar dari pendapatan.

Menanggapi hal ini, CEO & Principal Consultant ZAP Finance Prita Ghozie mengajak para profesional muda untuk memulai perencanaan keuangan sedini mungkin.

Prita mengatakan, ada beberapa kendala yang kerap dihadapi oleh para profesional muda, termasuk bagi yang baru mulai bekerja atau first jobber. Mulai dari perilaku konsumtif, tidak adanya tujuan keuangan jangka panjang, hingga terjebak pada persepsi bahwa merencanakan keuangan merupakan suatu hal yang rumit.

Padahal, memiliki perencanaan keuangan yang jelas dan terukur dapat memudahkan kita dalam meraih aspirasi jangka panjang yang tidak terbatas pada urusan finansial saja.

“Dengan kata lain, kita jadi bisa memetakan strategi keuangan yang efektif untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut, tanpa harus mengorbankan kebahagiaan kita,” ujar Prita dalam keterangannya, Jumat (20/5).

Bersama Shopeepay, Prita membagikan empat financial hacks untuk diterapkan oleh profesional muda, khususnya first jobber yang hendak memulai perencanaan keuangan dengan mudah dan nyaman.

Secara terperinci, berikut adalah cara atur uang bagi para pekerja baru atau first jobber yang beru mau memulai perencanaan keuangannya.

Baca Juga: Cara Dapat Banyak Uang agar Jadi Sultan, Ikuti 4 Tips Atur Uang Ini

1. Tiga Kategori Utama Sebagai Dasar Alokasi Rekening

Rekening living, saving, dan playing menjadi tiga kategori utama yang bisa diandalkan sebagai panduan dasar memisahkan rekening pribadi. Cara ini, cocok untuk para profesional muda yang belum melakukan budgeting secara rinci karena kategori dikelompokkan secara sederhana.

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest