Follow Us

Ide Bisnis Produk Ramah Lingkungan dari Bumi Bulk Store & Refillery, Jual Makanan Sampai Sabun

Wulan - Rabu, 11 Mei 2022 | 21:00
Bumi Bulk Store
Dok. Bumi Bulk Store

Bumi Bulk Store

CERDASBELANJA.ID – Peringatan Hari Bumi yang baru saja berlalu dan minat masyarakat yang kian besar terhadap produk ramah lingkungan, dapat menjadi momentum pelaku usaha mengadopsi bisnis ramah lingkungan.

Survei Katadata Insight Center pada tahun 2021 menyebutkan, sebesar 60,5% masyarakat kini tertarik membeli produk berkelanjutan atau ramah lingkungan karena ingin melestarikan bumi.

Mulai dari aksi kecil dan kolaborasi, semua pihak dapat memiliki peran penting untuk dapat berkontribusi melestarikan lingkungan, termasuk pengusaha skala UMKM.

Semangat ini yang mendorong Bumi Bulk Store & Refillery, usaha asal Kerobokan, Bali, untuk menjual berbagai macam produk rumah tangga ramah lingkungan, sejak tahun 2021.

Mulai dari bahan makanan, rempah-rempah, teh, hingga sabun, sampo, deodoran, dan produk perawatan kulit lainnya.

Founder Bumi Bulk Store dan STEAM Academy Dominique Ivonne menjelaskan, Bumi Bulk Store memiliki lebih dari 200 produk ramah lingkungan, dengan bekerja sama bersama petani dan perajin lokal.

“Kami bekerja dengan petani dan pengrajin di seluruh Indonesia dan semua produk kami alami, bebas plastik, dan tidak menyakiti bumi,” ujar Dominique dalam keterangannya, dikutip Rabu (11/5).

Bumi Bulk Store & Refillery, juga melakukan berbagai inisiatif untuk lingkungan, seperti mengajak pelanggan untuk membawa wadah, atau kontainer sendiri untuk melakukan isi ulang (refill).

“Kami mendukung gerakan 4R (reduce, reuse, recycle, repair), dengan menerapkan sistem isi ulang yang jauh lebih murah dari supermarket, serta mengedukasi konsumen kami untuk membawa packaging mereka sendiri,” jelas Dominique.

Baca Juga: Cara Cerdas Berbisnis di Shopee, Begini Strategi Kolaborasi Mad For Makeup untuk Tingkatkan Penjualan

Lebih lanjut, ia sangat bersyukur bahwa pelanggannya sangat mendukung aksi ini. Mereka pun bisa mendonasikan wadah atau kontainer yang tidak digunakan lagi.

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest