CERDASBELANJA.ID – Strategi bisnis berupa kolaborasi kerap dilakukan oleh pemilik bisnis baik itu bisnis dengan skala kecil, menengah, atau besar.
Kolaborasi antara dua bisnis yang berbeda dapat saling menguntungkan dan berpotensi semakin memajukan bisnis tersebut jika dilakukan dengan strategis.
Dengan berkolaborasi, dapat membantu kita untuk mengenal lebih banyak rekan bisnis serta memperluas jaringan.
Nah dalam buku panduan Bisnis Bangkit Bersama Shopeepay, brand Mad For Makeup berbagi strategi kolaborasi.
Yuk lirik cara cerdas bisins ala Shopee yang bongkar strategi kolaborasi dari Mad For Makeup untuk tingkatkan penjualan berikut ini.
Berdasarkan pengalaman Mad For Makeup berkolaborasi dengan brand lain, ada tiga kunci pertanyaan yang harus kita jawab saat ingin melakukan kolaborasi.
1. Apa yang dapat kita berikan ke pihak lain yang diajak berkolaborasi?
Bisa dalam bentuk ide seperti strategi branding, strategi marketing, tempat penjualan (toko, booth, marketplace, dll).
Selain itu, bisa juga dalam bentuk lebih praktikal seperti dana, produk, dan lain-lain untuk memastikan pihak lain tersebut berminat untuk berkolaborasi dengan kita.
2. Apa tujuan yang ingin kita dapatkan dengan kolaborasi ini?
Tujuan kolaborasi antar dua bisnis bisa berupa meningkatkan sales/penjualan kita, atau untuk branding.