Follow Us

Antisipasi Macet, Jadwal Masuk Sekolah di Jakarta, Jawa Barat, dan Banten Diundur Jadi 12 Mei

Wulan - Sabtu, 07 Mei 2022 | 12:00
Ilustrasi macet pemudik
(KOMPAS.COM/RASYID RIDHO)

Ilustrasi macet pemudik

CERDASBELANJA.ID – PT Jasa Marga (Persero) Tbk, memprediksi puncak arus balik menuju Jabotabek dalam rangka libur Idulfitri 1443 H jatuh pada H+5, atau pada hari Minggu (08/05).

Prediksi untuk jumlah kendaraan yang kembali ke Jabotabek pada hari tersebut, adalah sebanyak 269.444 kendaraan, naik 53,6% dari lalu lintas normal periode November 2021.

Sejalan dengan hal tersebut, pemerintah pun memutuskan untuk mengundur jadwal masuk sekolah di beberapa daerah.

Mengutip dari Kompas.com, pemerintah melakukan langkah antisipasi kemacetan yang diprediksi akan terjadi saat arus balik mudik Lebaran.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), terkait upaya bersama dalam membantu mengurai kemacetan pada arus balik Lebaran 2022, utamanya di kawasan Jabodetabek.

Kemudian, Kemendikbud Ristek berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten untuk memberikan fleksibilitas penambahan masa libur sekolah selama tiga hari, yang semula masuk tanggal 9 Mei menjadi 12 Mei.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, keputusan mengubah jadwal masuk sekolah tersebut adalah langkah yang tepat.

Ia mengatakan, langkah tersebut dilakukan untuk menghindari kemacetan di puncak arus balik yang akan terjadi pada 6 hingga 8 Mei 2022.

"Perubahan tanggal masuk sekolah setelah libur lebaran ini diharapkan dapat mengurangi kepadatan lalu lintas pada arus balik lebaran 2022," kata Muhadjir dalam keterangan tertulis, Kamis (5/5/2022).

Baca Juga: GoSend dan PMI Kerja Sama, Kini Kirim Kantong Darah Makin Aman dan Mudah

"Mudah-mudahan kebijakan ini bisa mengatasi kemacetan dan kepadatan lalu lintas yang kita khawatirkan terjadi di puncak arus balik," sambungnya.

Sementara itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten telah mengeluarkan surat edaran terkait jadwal masuk sekolah menjadi 12 Mei 2022.

Source : Kompas.com

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest