CERDASBELANJA.ID – Persaingan bisnis dalam kategori produk yang sama memang dibutuhkan strategi yang kuat.
Salah satu strategi yang perlu diketahui yaitu cara menentukan harga jual produk baik untuk bisnis online atau offline.
Dengan mengetahui cara menentukan harga jual produk, kita bisa bersaing dengan cerdas dalam berbisnis.
Nah berikut cara menentukan harga jual produk untuk bisnis online dan offline berdasarkan buku panduan Bisnis Bangkit Bersama Shopeepay.
- Cost Plus Pricing
Strategi ini mempertimbangkan biaya produksi suatu produk, yang kemudian dijumlahkan dengan ekspektasi laba yang ingin diraih.
- Competition Based Pricing
Baca Juga: Terbongkar Habis! Ini 5 Rahasia Kunci Sukses Branding Teguk yang Bisa Dicontoh Calon Pebisnis
Sebagai contoh misalnya harga satu botol di beberapa toko lain berkisar antara Rp25.000 – Rp28.000, sedangkan kita menginginkan laba di harga Rp30.000.
Lalu akhirnya kita memutuskan untuk mengambil laba dengan harga yang bersaing yaitu Rp26.000.
- Bundle Pricing