Follow Us

4 Hal yang Harus Dihindari Saat Menggunakan THR Lebaran, Waspada Rekening Minus

Wulan - Kamis, 28 April 2022 | 20:00
Hindari beberapa hal agar THR Lebaran tidak habis begitu saja
Dok. Astra Life

Hindari beberapa hal agar THR Lebaran tidak habis begitu saja

CERDASBELANJA.ID – Lebaran sudah di depan mata, biasanya waktu ini dimanfaatkan untuk menghabiskan uang THR Lebaran yang dimiliki.

Apalagi para sandwich generation yang punya banyak kebutuhan dalam membagikan THR Lebaran.

Jika tidak direncanakan dengan baik, maka bisa-bisa THR Lebaran tidak digunakan secara produktif dan membuat kantong jebol.

Untuk itu, kita harus menghindari beberapa hal saat menggunakan uang THR agar tidak habis sia-sia.

Jangan sampai, uang untuk kebutuhan pribadi ikut ludes untuk membayar biaya-biaya tidak terduga selama Lebaran.

Sebagai acuan, berikut Astra Life membagikan beberapa hal yang harus dihindari saat menggunakan THR, khususnya bagi para sandwich generation.

1. Menjadi People Pleaser Saat Hari Raya

Masalah yang cukup sering dihadapi oleh sandwich generation adalah keinginan yang besar untuk membahagiakan setiap anggota keluarga, baik keluarga inti maupun sanak saudara yang bertemu saat momen hari raya.

Tidak jarang, ini juga menjadi tolak ukur kesuksesan seseorang. Keadaan ini kerap membuat sandwich generation memberi melebihi kemampuan finansialnya.

Baca Juga: 5 Cara Pakai THR ala Tokopedia, Dijamin Bermanfaat Sambut Lebaran 2022

Menurut financial planner Annisa Steviani, jangan sampai kita hidup tapi mengikuti keinginan orang lain tanpa mengukur kemampuan finansial.

“Selama kemampuan finansial kita terbatas, maka otomatis kemampuan untuk berbagi juga menjadi terbatas. Memanfaatkan THR dengan baik, bisa dimulai dari mengetahui porsi dan alokasi dana THR sesuai kondisi finansial, misalnya memprioritaskan untuk membayar utang atau cicilan."

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest