Follow Us

Waspada Jebakan Healing, Pahami Manfaat Self-Love untuk Jaga Kesehatan Mental

Wulan - Selasa, 05 April 2022 | 22:00
Ilustrasi stres dan kebutuhan untuk healing.
Dok. Allianz

Ilustrasi stres dan kebutuhan untuk healing.

CERDASBELANJA.ID – Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), kesehatan mental mencakup kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial manusia yang dapat membantu manusia untuk berpikir, merasa, dan bertindak dengan tepat.

Sederhananya, kesehatan mental yang baik adalah ketika batin manusia dalam keadaan normal, tenteram, dan tenang.

Namun, kondisi pandemi Covid-19 membawa tantangan baru bagi kesejahteraan mental yang mana setiap orang perlu beradaptasi dengan virus yang membatasi kehidupan sehari-hari.

Mulai dari risiko tertular penyakit, perubahan interaksi sosial menjadi daring, sampai batasan-batasan lain yang turut memengaruhi pekerjaan dan status ekonomi seseorang.

Di sisi lain, Survei Badan Pusat Statistik (BPS) terkait dengan kondisi kesehatan mental selama PPKM Darurat menunjukkan, sebanyak 24,7% kelompok usia 17 hingga 30 tahun mudah marah, 16% takut berlebihan, dan 24,7% sering merasa cemas.

Sementara itu, sebanyak 15,8% kelompok usia 31–45 tahun mudah marah, 8,6% takut berlebihan, dan 15,4% sering merasa cemas.

Lalu, di kelompok usia 46–60 tahun menunjukkan sebanyak 9,8% mudah marah, 6,1% takut berlebihan, dan 12,7% sering merasa cemas.

Di kelompok usia terakhir, yaitu di atas 60 tahun menghasilkan sebanyak 10,4% mudah marah, 7,7% takut berlebihan, dan 13,2% sering merasa cemas.

Walaupun kesehatan mental masih sering dianggap remeh bagi sebagian orang Indonesia, survei di atas membuktikan adanya urgensi dalam memahami dan menghadapi tekanan di masa pandemi, demi menjaga kesehatan mental.

Baca Juga: Cara Jitu agar Self-Healing Nyaman, Lengkapi dengan Asuransi Perjalanan

Salah satu hal yang dapat membantu seseorang memelihara kesehatan mental, adalah dengan mencintai diri sendiri, atau dikenal dengan istilah self-love.

Self-love juga merupakan bagian dari penyembuhan, atau sering dikenal dengan istilah healing, atas trauma dan emosi negatif di masa lalu.

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest