Follow Us

Kaya.id dan WIR Group Kolaborasi, Kembangkan Metaverse untuk UMKM

Wulan - Kamis, 31 Maret 2022 | 20:00
Kaya.id dan WIR Group kembangkan metaverse untuk UMKM
Dok. Kaya.id

Kaya.id dan WIR Group kembangkan metaverse untuk UMKM

CERDASBELANJA.ID – PT Lumina Kaya Indonesia (Kaya.id) perusahaan inkubator bisnis, berkolaborasi dengan WIR Group perusahaan teknologi augmented reality.

Kolaborasi antara Kaya.id dan WIR Group ini, hadir untuk mengembangkan UMKM Indonesia di dunia metaverse.

Penandatangan kerja sama ini, dilakukan oleh Chief Executive Officer (CEO) Kaya.id Nita Kartikasari, serta Chief Marketing Officer (CMO) WIR Global Gupta Sitorus, di Jakarta (Jumat, 25/3).

Metaverse adalah teknologi kolaboratif yang menggabungkan interaksi manusia dengan avatar, serta berbagai produk dan layanan antara dunia nyata dan dunia digital, tanpa batas di mana semua bisa berlangsung secara simultan dan paralel.

Melalui teknologi metaverse ini, nantinya apa yang terjadi dalam dunia digital akan menjadi hampir senyata dunia aslinya.

WIR Group ditugasi oleh pemerintah, melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk menghadirkan metaverse Indonesia yang rencananya akan diperkenalkan di ajang Presidensi G20 Indonesia 2022 di Bali bulan November mendatang.

Di sisi UMKM, Kaya.ID bekerja sama dengan WIR Group untuk mempercepat transformasi digital UMKM agar mampu beradaptasi dan tampil di metaverse.

CEO Kaya.id Nita Kartikasari mengatakan, melalui platform metaverse, Kaya.id sebagai Inkubator bisnis UMKM Indonesia berharap, mereka dapat terhubung dengan ekosistem digital.

“Kami berharap UMKM nantinya dapat juga terhubung dengan ekosistem metaverse Indonesia, sehingga UMKM memiliki kesempatan yang lebih besar terhadap akses dan pasar, serta dapat mendukung tumbuhnya bisnis UMKM dengan berbagai keunggulan kompetitif,” kata Nita.

Baca Juga: Raffi Ahmad Diramal Makin Kaya Berkat RansVerse, OJK Sebut Potensi Bisnis Metaverse Capai Rp21 Triliun

Lebih lanjut Nita berharap, melalui kerja sama ini Kaya.id dapat menghadirkan layanan metaverse kepada UMKM Indonesia yang mana para pelaku UMKM dapat mengembangkan brand, atau mereknya masing-masing.

Menurut Nita, kerja sama pengembangan platform metaverse ini merupakan komitmennya untuk menjadikan produk UMKM Indonesia menjadi besar, atau menjadi brand dunia.

Editor : Presi

Baca Lainnya

Latest