Follow Us

Teknologi Robotic Surgery Makin Berkembang, RS Bunda Fokus Tingkatkan Jumlah dan Kapabilitas Dokter Ahli

Wulan - Rabu, 26 Januari 2022 | 16:30
Teknologi Robotic Surgery
Dok. RSU Bunda Jakarta

Teknologi Robotic Surgery

CERDASBELANJA.ID – Sudah 10 tahun, berlalu sejak inovasi bedah robotik (robotic surgery) untuk pertama kalinya dikembangkan Indonesia pada 2012.

Rumah Sakit Umum Bunda Jakarta dengan tangan dingin Dr. dr. Ivan Sini, MD., FRANZCOG., GDRM., SpOG., menjadi pelopor dan satu-satunya RS yang menyediakan robotic surgery di Indonesia hingga saat ini.

Dimulai dengan dua dokter ahli robotic surgery, serta jumlah dan jenis kasus yang terbatas, tren robotic surgery pun telah maju pesat.

Kini, sudah ada 16 dokter spesialis tersertifikasi robotic surgery Rumah Sakit Umum Bunda Jakarta, dari berbagai spesialisasi yang dapat melakukan robotic surgery.

Berdasarkan jumlah tersebut, ada hampir 600 kasus beragam yang sudah ditangani, mulai dari kasus ginekologi hingga urologi.

Sebelumnya, dalam suatu kesempatan Presiden Joko Widodo pada Oktober 2021 sempat menyebutkan betapa pentingnya dapat mengadopsi pengembangan advance robotics oleh sumber daya manusia di bidang kedokteran.

Hal ini, guna mengantisipasi terobosan teknologi dalam sektor kesehatan agar Indonesia tidak tertinggal dari negara lain.

Di sisi lain, kemajuan robotic surgery di Indonesia juga tentu sejalan dengan upaya untuk menekan tingginya jumlah masyarakat Indonesia yang berobat ke luar negeri.

Setidaknya, tercatat ada 2 juta orang yang melakukan perjalanan medis ke luar negeri (medical tourism) setiap tahunnya.

Baca Juga: Investor Harus Tahu, Ini Beda Investasi, Trading, dan Spekulasi

Jumlah ini, mengakibatkan Indonesia kehilangan setidaknya Rp97 triliun devisa karena praktik tersebut.

Managing Director Bundamedik Healthcare System (BMHS) Yudiyantho menjelaskan, di tengah peningkatan minat dan kepercayaan masyarakat terhadap robotic surgery, peningkatan jumlah dokter, serta kemampuan mereka dalam bidang robotic surgery memang menjadi kunci pendorong kemajuan tren robotic surgery di tanah air.

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest