CERDASBELANJA.ID – PT Kereta Api Indonesia (Persero), resmi menutup pelaksanaan posko Natal dan Tahun Baru 2022 yang telah berlangsung sejak 17 Desember 2021 sampai 4 Januari 2022.
Selama masa Nataru tersebut, KAI melayani total 2,12 juta pelanggan KA, atau rata-rata 111.857 pelanggan per hari.
Perinciannya, sebanyak 931.525 pelanggan KA Jarak Jauh dan 1.193.774 pelanggan KA Lokal.
Jumlah pelanggan di periode Nataru ini, meningkat 49% dibanding periode Nataru 2021 yang mana KAI melayani 1,42 juta pelanggan.
Kenaikan ini, dipengaruhi oleh peningkatan jumlah perjalanan kereta api selama periode Nataru.
Pada masa Nataru 2022, total perjalanan KA Jarak Jauh dan Lokal yang dioperasikan adalah sebanyak 7.213 perjalanan KA, atau rata-rata 380 perjalanan KA per hari.
Jumlah ini, naik 48% dibanding jumlah perjalanan KA pada periode Nataru 2021 sebanyak 4.860 perjalanan KA, atau rata-rata 256 perjalanan KA per hari.
Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo menjelaskan, pelaksanaan posko Natal dan Tahun Baru tahun ini dapat berjalan lancar, aman, dan terkendali.
“Meski terdapat peningkatan volume pelanggan, tetapi pelayanan berjalan dengan baik dan kami tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat,” ujar Didiek, dikutip Minggu (9/1).
Baca Juga: Periode Libur Tahun Baru 2022, KAI Layani 160 Ribu Pelanggan Kereta Api Jarak Jauh
Didiek mengatakan, meski ada peningkatan dibanding Nataru tahun 2021, jumlah pelanggan yang KAI layani hanya 35% dibanding masa libur Nataru sebelum Pandemi, yaitu masa Nataru 2020.
Peningkatan pelanggan yang disertai pengawasan prokes secara ketat ini, diharapkan dapat membangkitkan kinerja KAI dalam memasuki tahun 2022.