CERDASBELANJA.ID – Pada masa libur tahun baru 2022, yaitu 31 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022, PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat telah melayani 160.926 pelanggan KA Jarak Jauh, atau rata-rata 53.642 pelanggan per hari.
Jumlah tersebut, mencapai 69% dari kapasitas yang disediakan KAI, yaitu total 234.262 tempat duduk KA Jarak Jauh.
Kereta Api yang menjadi favorit masyarakat pada periode tersebut, adalah KA Airlangga (Pasarsenen - Surabaya Pasarturi pp), KA Sri Tanjung (Lempuyangan - Ketapang pp), KA Kahuripan (Kiaracondong - Blitar pp), KA Jayabaya (Pasarsenen - Malang pp), KA Malabar (Bandung - Malang pp) dan lainnya.
VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, tidak terjadi peningkatan yang signifikan di stasiun kereta api pada masa libur tahun baru 2022 ini.
KAI sudah mengantisipasinya, dengan menyediakan petugas tambahan untuk mengatur arus penumpang dan menyediakan jumlah perjalanan KA yang cukup sesuai permintaan dari masyarakat.
"Kenaikan hanya 19% jika dibandingkan periode yang sama di bulan November, yang mana rata-rata KAI melayani 45 ribu pelanggan per hari," ujar Joni dalam keterangannya, dikutip Selasa (4/1).
Baca Juga: Turun Harga Mulai Januari, Tarif Tes Antigen di Stasiun Jadi Rp35 Ribu
KAI terus konsisten menjalankan protokol kesehatan dengan ketat, guna mencegah penyebaran Covid-19 melalui transportasi kereta api.
KAI memastikan hanya pelanggan yang benar-benar memenuhi ketentuan yang boleh berangkat naik KA pada masa Nataru ini, sesuai dengan regulasi pemerintah.
Total pelanggan yang ditolak berangkat pada periode 31 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022, adalah sebanyak 8.554 pelanggan.
Perinciannya adalah belum vaksin kesatu dan kedua 1.384 pelanggan, pelanggan usia di bawah 12 tahun belum PCR 4.419 pelanggan, sakit 19 pelanggan, dan tidak antigen 2.732 pelanggan.
Secara umum, pada periode 17 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022, KAI telah melayani 844.782 pelanggan KA Jarak Jauh atau rata-rata 49.693 pelanggan per hari.