Follow Us

BBM Premium Batal Dihapus, Masyarakat Pertanyakan Ketersediaannya di SPBU

Wulan - Selasa, 04 Januari 2022 | 13:00
SPBU Pertamina(PERTAMINA)
(PERTAMINA)

SPBU Pertamina(PERTAMINA)

CERDASBELANJA.ID – Beberapa waktu lalu, pemerintah menyebutkan adanya rencana Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium.

Rencananya, PT Pertamina (Persero) akan menghapus bensin jenis Premium secara bertahap mulai tahun 2022.

Penghapusan tersebut, merupakan simplifikasi varian produk dan sesuai dengan Peraturan Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK) Nomor P.20/Menlhk/Setjen/Kum.1/3/2017 yang mengatur soal baku mutu emisi gas buang kendaraan bermotor tipe baru untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih.

Namun, pada akhirnya pemerintah memutuskan untuk membatalkan penghapusan BBM Premium.

Mengutip dari Kompas.com, hal itu setelah Presiden Joko Widodo menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 117 Tahun 2021 tentang Perubahan Ketiga Atas Perpres Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar pada 31 Desember 2021.

Disebutkan dari salinan Perpres Nomor 117 yang telah diunggah resmi di laman Sekretariat Negara, Minggu (2/12), terdapat poin penegasan bahwa BBM jenis Premium dengan Research Octane Number (RON) 88 masih dapat didistribusikan ke seluruh Indonesia.

Baca Juga: Viral Warganet Pertanyakan Sertifikasi Halal Hanamasa, Berapa Harga Menunya?

Awalnya, sebelum diubah, pemerintah menetapkan bahan Premium dapat didistribusikan di seluruh wilayah Indonesia, kecuali di wilayah Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Bali.

Namun, kini pemerintah memastikan bahwa distribusi Premium masih bisa dilakukan di seluruh wilayah Indonesia, tanpa terkecuali.

Sebelumnya pemerintah berencana menghapus BBM jenis Premium dan Pertalite mulai 2022.

Alasannya karena Premium dan Pertalite memiliki nilai oktan atau RON di bawah 91 yang dinilai kurang ramah lingkungan.

Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Kementerian ESDM Soerjaningsih mengatakan, BBM yang ramah lingkungan adalah memiliki RON di atas 91 seperti Pertamax dan Pertamax Turbo.

Source : Kompas.com

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest