Follow Us

Strategi Merumuskan Brand Purpose ala Pebisnis, Penting untuk Usaha

Wulan - Senin, 20 Desember 2021 | 22:00
Head of Strategic Merchant Acquisition Shopeepay Eka Nilam Dari
Dok. Shopeepay

Head of Strategic Merchant Acquisition Shopeepay Eka Nilam Dari

CERDASBELANJA.ID – Memasuki pengujung tahun 2021, Shopeepay Talk sebagai platform diskusi interaktif bulanan yang diinisiasi Shopeepay, hadir mengajak para pelaku bisnis menilik salah satu fondasi penting dalam membangun bisnis.

Salah satu fondasi tersebut, yakni menentukan tujuan mulia jangka panjang yang ingin dicapai sebuah bisnis (brand purpose).

Head of Strategic Merchant Acquisition Shopeepay Eka Nilam Dari menyampaikan, di tengah era digital, persaingan bisnis dalam meraih perhatian konsumen kini menjadi semakin ketat.

“Tidak lagi terpusat pada fungsi sebuah produk atau jasa, tetapi salah satu hal terpenting yang mempengaruhi cara pandang konsumen, adalah konsistensi bisnis dalam mewujudkan brand purpose yang bermakna, serta dapat membawa perubahan bagi masyarakat secara jangka panjang,” ujar Nilam dalam keterangannya, Senin (20/12).

Di dalam menjalankan dan mencapai kesuksesan sebuah bisnis, brand purpose memainkan peranan penting yang tidak dapat dipandang sebelah mata.

Brand purpose sendiri, dapat menjadi sebuah fondasi esensial yang mampu mengarahkan dan mendorong sebuah bisnis untuk terus berkembang.

Baca Juga: 7 Fasilitas Gratis di Kampus UMKM Ekspor Shopee, Bisnis Online Makin Mudah

Tujuan akhir yang ingin dicapai brand purpose tidak berfokus pada profit bisnis, tetapi bagaimana sebuah bisnis juga dapat mengemban tujuan mulianya, sehingga membawa dampak positif bagi masyarakat sekitar.

Berdasarkan kisah perjalanan Audrey Maximillian Herli membangun Riliv melawan stigma negatif isu kesehatan mental, serta dr. Shirley Oslan yang vokal mendobrak standar kecantikan lewat bisnisnya Mad for Makeup, ada beberapa strategi yang mereka gunakan.

Berikut adalah dua strategi jitu mereka yang dapat menginspirasi perumusan brand purpose dalam sebuah bisnis.

1. Lahir Sebagai Solusi, Bukan Ikut Tren

Saat mendirikan bisnis, umumnya pelaku bisnis terlena mencari ide bisnis yang sedang tren di masa tersebut.

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest