Follow Us

Konsisten di Dunia Jurnalistik, Jakob Oetama Raih Lifetime Achievement Award

Wulan - Sabtu, 18 Desember 2021 | 10:30
Jakob Oetama
Arsip Kompas Gramedia

Jakob Oetama

CERDASBELANJA.ID – Pendiri Kompas Gramedia Jakob Oetama, menerima Lifetime Achievement Award dalam acara KPI Pusat Award.

Mempunyai konsistensi di dunia jurnalistik dan mengedepankan kemanusiaan, adalah alasan yang mendasari penghargaan tersebut diberikan kepada Jakob Oetama oleh KPI Pusat.

"Jakob Oetama, merupakan tokoh pers nasional yang mengedepankan humanisme dalam menyuarakan kebenaran," ungkap Wakil Ketua KPI Pusat Mulyo Hadi, Jumat (17/12/2021), hari yang juga diselenggarakannya gelaran malam Anugerah KPI Pusat Award.

Hadi mengamati konsistensi Kompas, mulai dari Kompas cetak dan membuka diri di dunia penyiaran terutama jenis broadcasting.

Padahal, di tengah perkembangan media penyiaran yang semakin beragam, mayoritas sesungguhnya melihat televisi dilihat sebagai media hiburan.

"Kami melihat bahwa sosok almarhum Jakob Oetama bisa menjadi contoh yang lain. Juga dari sisi dedikasi beliau untuk pers jurnalistik termasuk sisi humanisnya, bisa menjadi contoh yang luar biasa," tuturnya.

Baca Juga: Jelang Akhir Tahun, Catat Syarat Perjalanan Naik Kereta pada Masa Nataru 2022

Sebagaimana diketahui, karier jurnalistik Jakob Oetama dimulai sejak tahun 1956 ketika dirinya menjadi redaktur Mingguan Penabur.

Kemudian, karier jurnalistiknya berlanjut dengan mendirikan majalah Intisari tahun 1963 bersama P. K. Ojong.

Dua tahun kemudian, atau pada 28 Juni 1965, Jakob Oetama bersama P. K. Ojong mendirikan Harian Kompas.

Pada tahun 1980-an Kompas Gramedia Group mulai berkembang pesat, terutama dalam bidang komunikasi.

Di sisi lain, CEO KG yang juga anak dari Jakob Oetama, Lilik Utama menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada KPI pusat, atas penghargaan lifetime achievement yang diberikan kepada Jakob Oetama.

Source : Kompas TV

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest