Follow Us

Tokopedia Hadirkan Tokopedia Bersama, Dukung Isu Sosial Masyarakat

Wulan - Sabtu, 20 November 2021 | 21:00
Tokopedia hadirkan Tokopedia Bersama
Dok. Tokopedia

Tokopedia hadirkan Tokopedia Bersama

CERDASBELANJA.ID – Tokopedia resmi meluncurkan inisiatif Tokopedia Beraksi untuk Sesama, atau “Tokopedia Bersama.”

Inisiatif Tokopedia Bersama, bertujuan untuk mengajak masyarakat agar lebih peduli akan isu sosial, serta membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang membutuhkan guna mendorong pemulihan ekonomi.

Tokopedia Bersama fokus terhadap lima pilar, yaitu pendidikan dan teknologi, pemberdayaan kelompok difabel, pemberdayaan perempuan, penyintas bencana, serta aksi lingkungan.

“Program turunan Tokopedia Bersama, mencakup kegiatan kerelawanan, program akselerasi UMKM, fitur donasi, pelatihan untuk berbagai kelompok masyarakat yang membutuhkan hingga kegiatan tanggap bencana,” kata Public Affairs Senior Lead Tokopedia Aditia Grasio Nelwan dalam diskusi virtual, Jumat (19/11).

Terhitung sejak Januari 2018 hingga Oktober 2021, donasi pengguna yang terkumpul lewat mitra organisasi berlisensi dari berbagai kampanye donasi dan fitur Top Donasi di Tokopedia, mencapai lebih dari Rp54 miliar.

Havilla Gourmet Tea, Bagoes Bag, dan Dengar Indonesia adalah contoh UMKM penerima manfaat salah satu program turunan Tokopedia Bersama ‘Top Donasi x BenihBaik.com’.

Baca Juga: 5 Cara Riset Tampilan Produk ala Tokopedia, Hadirkan Pengalaman Ramah Pengguna

Lewat program ini, Tokopedia membagikan bantuan berupa dana dan peralatan yang dibutuhkan untuk mengembangkan usaha.

UMKM tersebut, juga berkomitmen dalam aksi sosial sekaligus memberdayakan berbagai kelompok masyarakat.

“Hampir seluruh produk Havilla Gourmet Tea berasal dari perkebunan lokal. Tim kami, terdiri atas 10 orang perempuan dan kami juga memberdayakan Komunitas Anak Spesial Indonesia (KPAS) melalui pelatihan tata boga,” papar Co-Founder Havilla Gourmet Tea, Ajeng Respati.

Zulfikar selaku CEO Bagoes Bag mengatakan, tujuan awal mendirikan Bagoes Bag adalah menyediakan pengganti kantong plastik sekali pakai, untuk mengurangi permasalahan sampah di Indonesia.

“Kami rutin mengikuti pameran dan berbagai acara, untuk mengedukasi masyarakat terkait pentingnya menjaga lingkungan,” kata Zulfikar.

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest