Follow Us

Genap Berusia 3 Tahun, Penghasilan Para Mitra Tokopedia Meningkat

Wulan - Kamis, 04 November 2021 | 18:00
Mitra Tokopedia sukses berdayakan pengusaha lokal
Dok. Tokopedia

Mitra Tokopedia sukses berdayakan pengusaha lokal

CERDASBELANJA.ID – Survei Tokopedia mengenai dampak Mitra Tokopedia pada Oktober 2021 mencatat, sekitar 80% pegiat usaha tradisional menjadikan Mitra Tokopedia berperan sebagai usaha tambahan.

Khususnya, untuk membantu situasi finansial mereka selama pandemi. Beberapa pegiat usaha tradisional ini, misalnya seperti pemilik warung, toko kelontong, dan usaha sejenis lainnya.

AVP of New Retail Tokopedia John Hadiwidjaja mengungkap, 9 dari 10 penjual mengalami peningkatan penghasilan lebih dari 50% setelah bergabung dengan Mitra Tokopedia.

“Mereka pun mengaku dapat meningkatkan kesejahteraan dengan memiliki tabungan, membayar sekolah anak, dan terbebas dari utang,” ujar John dalam diskusi virtual, Selasa (2/11).

Di dalam rangka HUT ke-3 Mitra Tokopedia, Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki turut menyampaikan apresiasinya.

Teten berharap, Mitra Tokopedia senantiasa mengambil peran dalam mengakselerasi digital pelaku UMKM, khususnya pegiat usaha tradisional, para pedagang warung.

Baca Juga: Cara Jualan Online Hingga Untung Dua Kali Lipat dengan Mitra Tokopedia

“Saya harap tidak hanya mampu meningkatkan jumlah warung yang terhubung ke dalam ekosistem digital, tetapi juga meningkatkan literasi digital dan juga kesejahteraan para pemilik warung yang tergabung dengan Mitra Tokopedia,” tambah Teten.

Survei Mitra Tokopedia juga mencatat, hampir 60% penjual yang menggunakan fitur Grosir di Mitra Tokopedia mengaku lebih efisien.

Pasalnya, mereka bisa memanfaatkan promo di aplikasi dan bertambah penghasilannya karena tidak perlu menutup toko, ketika memperbarui stok produk dagangan mereka.

Hal ini juga dirasakan oleh Elisa Pakpahan, penjual produk grosir asal Medan. Elisa mengatakan, biasanya membeli stok produk grosir ke toko offline menjadi hambatan bagi dirinya sebagai seorang difabel.

“Namun, sejak bergabung dengan Mitra Tokopedia, membeli stok produk jadi jauh lebih mudah karena ada fitur Grosir. Omzet bulanan saya pun meningkat, hingga puluhan juta rupiah,” tutur Elisa.

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest