CERDASBELANJA.ID – Pandemi yang diiringi dengan percepatan penetrasi digital dan peningkatan kesadaran masyarakat terhadap asuransi, membawa pengaruh terhadap lanskap industri dan pola konsumsi asuransi.
Di tahun kedua pandemi ini, transformasi asuransi dari konvensional menjadi serba digital semakin menjadi tren. Produk asuransi yang ditawarkan pun semakin embedded (melekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat), dan customised (mengikuti kebutuhan konsumen yang unik).
Sejalan dengan hal ini, PasarPolis melihat bahwa ke depannya, tren asuransi akan bergerak ke inovasi produk yang lebih personal, serta mengikuti kebutuhan unik dari setiap masyarakat.
Founder dan CEO PasarPolis Cleosent Randing mengungkapkan, hadirnya digital memudahkan masyarakat menemukan asuransi yang sesuai dengan kebutuhannya.
Kini, asuransi bukan lagi menjadi produk yang kaku, tetapi customised dan mulai menjadi gaya hidup masyarakat. Sebagai insurtech, PasarPolis sangat fokus untuk menghadirkan produk asuransi inovatif berbasis kebutuhan konsumen (consumer-centric), dengan pendekatan 3M, yaitu mudah, murah, dan menyenangkan.
Baca Juga: Salurkan Wakaf, Akuberbagi.com dan Dompet Dhuafa Bangun Saluran Air
“Melalui strategi tersebut, kami optimistis dapat terus memenuhi kebutuhan pasar di tengah kompetisi industri yang semakin ketat,” ujar Randing.
Lebih lanjut, melalui strategi tersebut PasarPolis berhasil memberikan proteksi asuransi kepada hampir 30 juta masyarakat di Indonesia atau mencapai 11% dari total keseluruhan populasi.
Selain itu, perusahaan juga membuka akses bagi para nasabah pemula (first time buyer), dengan menerbitkan lebih dari 1 miliar polis sejak tahun 2019.
Di tahun kedua pandemi ini, produk asuransi kesehatan, asuransi kendaraan, dan asuransi gadget menjadi produk yang paling banyak dibeli masyarakat secara digital melalui PasarPolis.
Selain itu, produk asuransi pengiriman barang juga semakin diminati karena gaya hidup masyarakat yang berubah selama pandemi, dengan tren belanja online yang juga meningkat.
Saat ini, PasarPolis juga memiliki lebih dari 170 produk asuransi yang dirancang secara khusus, guna memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, mulai dari bangun tidur hingga mengakhiri hari.