Follow Us

Sistem Transaksi MLFF Diundur Tahun Depan, Ini Sederet Kelebihannya

Wulan - Senin, 13 September 2021 | 14:00
Ilustrasi membayar tol
iStockphoto

Ilustrasi membayar tol

CERDASBELANJA.ID – Penggunaan sistem transaksi Multi Lane Free Flow (MLFF) di Indonesia kembali diundur menjadi tahun 2022.

Padahal awalnya, sistem transaksi MLFF ditargetkan bisa diterapkan secara terbatas pada tahun 2021 ini.

Sistem MLFF ini merupakan salah satu proyek yang ditawarkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), melalui skema Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Baca Juga: 4 Cara Memulai Investasi untuk Pemula, Jangan Sampai Salah Langkah

Melalui sistem transaksi MLFF, nantinya pengguna jalan tol tidak perlu lagi berhenti di gerbang tol untuk menempelkan kartu tol elektronik pada mesin transaksi.

Sebelumnya, proses lelang sendiri dimulai pada April 2020 dan pengumuman pemenang lelang dilakukan pada akhir tahun 2020.

Nantinya, pemerintah akan menerapkan sistem transaksi MLFF ini menggunakan basis teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS).

GNSS sendiri merupakan sistem pembayaran nontunai dengan menggunakan alat yang dipasang di mobil dan memberikan sinyal ke satelit yang terhubung dengan sistem perbankan.

Mengutip dari Kompas.com, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan, pembayaran tol tanpa sentuh mulai diberlakukan September 2022.

Melalui sistem MLFF, diklaim selain meningkatkan efektivitas juga mampu mengurangi polusi dan emisi karbon di pintu tol.

Baca Juga: Penuh Haru, Tangis Ibu Lisa BLACKPINK Pecah Saat Nonton Debut Solo Anaknya dalam MV Lalisa

Lebih lanjut, efektivitas tersebut akan mencapai 35%. Ini berbanding lurus terhadap pengurangan kemacetan di gerbang tol yang menyebabkan antrean kendaraan bermotor.

Editor : Presi

Baca Lainnya

Latest