Follow Us

Berlanjut, Pemerintah Perpanjang PPKM Jawa-Bali Sampai 13 September

Wulan - Selasa, 07 September 2021 | 14:00
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan
DOK. HUMAS KEMENKO KEMARITIMAN DAN INVESTASI

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan

CERDASBELANJA.ID – Pemerintah kembali memutuskan memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2-4 di Jawa dan Bali.

Kali ini, PPKM level 2-4 Jawa-Bali diperpanjang sampai 13 September 2021.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, situasi perkembangan Covid-19 di Jawa-Bali terus mengalami perbaikan.

Baca Juga: Bukan Halu, Cuma Jualan Camilan 4 Orang Ini Terkaya di Indonesia

“Hal ini ditandai dengan semakin sedikitnya kota/kabupaten yang berada di level 4. Per tanggal 5 September 2021, hanya ada 11 kota/kabupaten di Jawa-Bali yang ada di level 4 dari sebelumnya berjumlah 25 kota/kabupaten,” ujar Luhur dalam konferensi pers virtual, Senin (06/09).

Luhut mengatakan, peningkatan yang signifikan terjadi pada level 2 karena adanya jumlah kota/kabupaten meningkat, dari sebelumnya 27 menjadi 43 kota/kabupaten.

Kemudian dari wilayah aglomerasi, DIY berhasil turun ke level 3, tetapi Bali diperkirakan butuh waktu 1 minggu lagi untuk turun dari level 4 ke level 3, akibat perawatan pasien di RS yang masih tinggi.

Secara keseluruhan, indikator transmisi penyakit yang terdiri atas penambahan kasus konfirmasi, jumlah perawatan pasien yang ada di RS, dan jumlah kematian terus mengalami perbaikan.

Ke depannya, pemerintah akan menggunakan 3 strategi pengendalian pandemi yang akan menjadi kunci utama dari transisi kehidupan kita, ketika pandemi Covid-19 menjadi epidemi.

Ketiga strategi tersebut adalah peningkatan cakupan vaksinasi yang cepat untuk seluruh masyarakat Indonesia, testing-tracing-treatment yang baik, dan kepatuhan protokol kesehatan 3M yang tinggi.

Baca Juga: 3 Rekor Membanggakan Blackpink untuk Kategori Grup Wanita Korea

“Sistem PeduliLindungi yang kita gunakan saat ini, akan menjadi integrator utama dari 3 strategi tersebut, sehingga bisa meminimalkan penularan Covid-19 ketika kita membuka kembali aktivitas masyarakat,” lanjut Luhut.

Editor : Presi

Baca Lainnya

Latest