Follow Us

Apa Itu Phising, Modus Penipuan Online yang Marak, Ini Jenis-Jenisnya!

Wulan - Selasa, 27 Juli 2021 | 15:00
Kenali jenis phishing agar tidak terjerat penipuan.
freepik.com

Kenali jenis phishing agar tidak terjerat penipuan.

CERDASBELANJA.ID – Belakangan ini, penipuan online mulai sering terjadi. Salah satu penipuan yang banyak dilakukan adalah phishing.

Phishing adalah salah satu jenis penipuan online yang bertujuan untuk mendapatkan informasi pribadi atau sensitif korban.

Misalnya seperti informasi login, informasi kartu kredit/debit, password akun bank dan informasi lainnya.

Baca Juga: Waspada Pembobolan Bank, Jenius Imbau Pengguna Rahasiakan Kode OTP

Biasanya, phishing dilakukan oleh penipu dengan menyamar sebagai pihak berwenang.

Nantinya, penipu ini akan mengirimkan e-mail, SMS, atau pesan palsu melalui media elektronik lain berisi tautan (link) yang mencurigakan.

Tidak hanya satu, phishing juga memiliki berbagai jenis yang berbeda. Berikut adalah beberapa jenis-jenis phishing yang bisa menyerang kita.

1. E-mail Phishing

Jenis phishing yang perlu diwaspadai pertama, adalah e-mail phishing. E-mail phishing adalah salah satu jenis phishing yang paling terkenal dan sering dilakukan oleh penipu.

E-mail yang dikirim kepada korban, biasanya berupa informasi palsu. Misalnya, telah terjadi penyusupan pada akun dan harus segera mengganti password dan sebagainya. Tentu saja, pada e-mail tersebut sudah tersedia tautan berbahaya yang bisa menjebak kita.

Serangan e-mail phishing biasanya mudah dikenali karena bahasa yang digunakan tidak jelas, atau berantakan. Meski demikian, ada juga beberapa e-mail yang lebih sulit dikenali sebagai phishing. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengidentifikasi ini, adalah dengan mengecek sumber e-mail dan tautan yang dituju.

Baca Juga: Viral Uang Nasabah Jenius Hilang Rp110 Juta, BPTN Buka Suara

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest