Follow Us

Kenali Apa Itu Phishing, Penipuan Online Memanfaatkan Data Pribadi

Wulan - Selasa, 27 Juli 2021 | 19:00
Jangan sembarang klik link, kenali modus penipuan serangan phishing!
iStockphoto

Jangan sembarang klik link, kenali modus penipuan serangan phishing!

CERDASBELANJA.ID – Belakangan ini, penipuan online mulai sering terjadi. Salah satu penipuan yang banyak dilakukan adalah phishing.

Merangkum dari beberapa sumber, phishing adalah salah satu jenis penipuan online yang bertujuan untuk mendapatkan informasi pribadi atau sensitif korban.

Misalnya seperti informasi login, informasi kartu kredit/debit, password akun bank dan informasi lainnya.

Baca Juga: Waspada Pembobolan Bank, Jenius Imbau Pengguna Rahasiakan Kode OTP

Biasanya, phishing dilakukan oleh penipu dengan menyamar sebagai pihak berwenang. Nantinya, penipu ini akan mengirimkan e-mail, SMS, atau pesan palsu melalui media elektronik lain.

Setelah terkirim, biasanya penipu akan memancing korban agar percaya dan mengeklik tautan (link) berbahaya yang tercantum di dalam pesan.

Untuk meyakinkan korban, biasanya pesan yang dikirim berisi informasi yang mengandung desakan.

Misalnya berupa informasi akun yang akan diblokir, keamanan akun yang terancam, informasi transaksi palsu, hadiah uang tunai atau barang mewah dan sebagainya.

Berbagai pesan tersebut, biasanya korban akan segera bertindak dengan panik dan tanpa berpikir, sehingga mau mengeklik tautan berbahaya yang dikirim penipu.

Setelah diklik, nantinya tautan tersebut akan mengarahkan korban ke situs web yang baru dibuat pelaku. Di situs tersebut, korban akan diminta untuk mengisi data pribadi dengan lengkap.

Baca Juga: Viral Uang Nasabah Jenius Hilang Rp110 Juta, BPTN Buka Suara

Melalui tautan tersebut, para penipu bisa memasang malware, melakukan pembekuan sistem, sampai mendapatkan informasi pribadi dengan mudah.

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest