Follow Us

Kerja sama dengan Pemerintah, Tokopedia Punya Fitur Bayar Pajak Online

Wulan - Kamis, 15 Juli 2021 | 11:00
Fitur Loket Pajak Tokopedia
Dok. Tokopedia

Fitur Loket Pajak Tokopedia

CERDASBELANJA.ID – Tokopedia bekerja sama dengan pemerintah, menghadirkan halaman Loket Pajak Tokopedia.

Tokopedia mencatat, terdapat kenaikan jumlah transaksi lewat halaman pembayaran pajak nasional dan daerah secara digital ini.

Tidak tanggung-tanggung, kenaikan transaksi pajak ini mencapai hampir 3x lipat pada kuartal 1-2021, jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Baca Juga: Cara Mudah Bayar Pajak Bumi dan Bangunan Pakai BNI Mobile Banking

Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pihaknya mengapresiasi upaya Tokopedia dalam menghadirkan inovasi digital yang mempermudah akses masyarakat terhadap inklusi keuangan dan ekonomi.

“Inovasi ini, diharapkan dapat turut berkontribusi dalam pembangunan nasional, pelayanan publik dan ekonomi digital, sekaligus membantu pemulihan ekonomi negara yang saat ini terdampak pandemi,” ujar Sri dikutip dalam keterangannya, Rabu (14/7).

Di sisi lain, Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Astri Wahyuni mengatakan, lewat teknologi dan kolaborasi dengan pemerintah Tokopedia menghadirkan berbagai inovasi.

“Terutama untuk mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari di tengah pandemi, termasuk membayar pajak, dengan lebih mudah, cepat dan aman,” ungkap Astri.

Bekerja sama dengan Kementerian Keuangan RI, Tokopedia telah menyediakan fitur bayar pajak online untuk lebih dari 900 jenis penerimaan negara.

Di antaranya adalah Pajak Online (termasuk PPh, PPN, dan Bea Materai), Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), dan Bea Cukai.

Baca Juga: Heboh RUU KUP, Sembako dan Jasa Pendidikan Bakal Kena PPN 12%?

Jumlah transaksi pembayaran penerimaan negara, melalui sistem Modul Penerimaan Negara Generasi Ketiga yang terkoneksi dengan Tokopedia, secara keseluruhan meningkat hampir 4x lipat pada Q1 2021.

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest