Follow Us

5 Cara Menjaga Hubungan Baik dengan Pembeli ala Tokopedia, Harus Ramah

Wulan - Selasa, 29 Juni 2021 | 17:00
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga hubungan dengan pembeli.
seller.tokopedia.com

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga hubungan dengan pembeli.

CERDASBELANJA.ID – Salah satu kunci sukses dalam berbisnis, adalah memiliki hubungan yang baik dengan pembeli.

Salah satu cara membangun hubungan yang baik dengan pembeli, adalah dengan memberikan pelayanan yang baik.

Jika kita senantiasa menjaga hubungan baik dengan pembeli, dijamin akan semakin banyak pelanggan setia yang bertahan di toko kita.

Baca Juga: 5 Peluang Usaha Sampingan untuk Pelajar ala Tokopedia, Modal Minim!

Selain itu, menjaga hubungan baik dengan pembeli juga bisa mengindikasikan pelayanan yang baik dan berkualitas.

Dengan demikian, akan semakin banyak pelanggan yang nyaman berbelanja di toko kita.

Berikut adalah beberapa cara menjaga hubungan baik dengan pembeli ala Tokopedia yang bisa kita terapkan dalam mengelola bisnis online.

1. Cepat Membalas Chat

Cara menjaga hubungan baik dengan pembeli yang pertama, adalah cepat membalas chat pembeli.

Cepat balas chat dan diskusi pembeli, adalah kunci utama agar pembeli tidak bosan karena menunggu balasan dari kita yang terlalu lama.

Tidak hanya itu, skor Performa Toko juga akan berkurang jika kita membalas pesan lewat dari 7 jam. Untuk hasil maksimal, pastikan kita membalas pesan pembeli kurang dari 1 jam.

Baca Juga: 5 Tips Jualan Online untuk Pemula ala Tokopedia, Dijamin Manjur!

2. Proses Pesanan Secepatnya

Cara menjaga hubungan baik dengan pembeli yang kedua, adalah proses pesanan pembeli secepatnya setelah terkonfirmasi.

Setelah pembeli berhasil membayar barang belanjaannya, kita dapat langsung memproses pesanannya sehingga pembeli tidak menunggu waktu lama.

Usahakan untuk memproses pesanan tidak lebih dari 22 jam setelah pembayaran berhasil diverifikasi oleh Tokopedia.

3. Pilih Kemasan yang Menarik dan Aman

Cara menjaga hubungan baik dengan pembeli yang ketiga, adalah pilih kemasan produk yang menarik dan aman sampai di tangan pembeli.

Pemilihan kemasan juga dipengaruhi oleh jenis barang. Untuk kemasan barang elektronik, gawai, atau ponsel gunakanlah box yang kokoh dan lapisi dengan bubble wrap. Tujuannya, untuk menahan guncangan saat pengiriman.

Kita juga bisa membuat kemasan menarik dengan dibungkus kertas kado atau pita untuk menyenangkan hati pembeli. Nah, siapkan juga kartu ucapan atau pesan custom apabila pembeli ingin mengirim produk ke seseorang sebagai hadiah.

Baca Juga: 4 Tips Maksimalkan Penjualan ala Tokopedia, UMKM Lokal Wajib Tahu!

4. Lakukan Pengecekan Akhir

Cara menjaga hubungan baik dengan pembeli yang keempat, adalah lakukan pengecekan akhir pada pesanan pembeli.

Retur atau pengembalian barang, paling sering terjadi karena produk rusak ataupun kesalahan pengiriman. Oleh karena itu, melakukan pengecekan sebelum pengiriman sangat penting untuk menghindari komplain pembeli.

Pengecekan bukan hanya pada produk saja, tetapi juga pada pengemasan produk karena kerusakan sering terjadi selama pengiriman barang. Pengecekan terakhir terhadap produk dan kemasan akan terhindar dari kerusakan selama pengiriman.

5. Periksa Waktu Pengiriman

Cara menjaga hubungan baik dengan pembeli yang kelima, adalah periksa waktu pengiriman agar sesuai.

Baca Juga: Cara Optimalkan Media Sosial untuk Jualan ala Tokopedia, Khusus Seller

Setelah proses pesanan selesai, jangan lupa untuk langsung mengirim pesanan produk kepada pembeli.

Perlu diingat, apabila pesanan tidak dapat dikirim pada hari tersebut, infokan kepada pembeli bahwa pesanannya akan dikirim keesokan harinya. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest