CERDASBELANJA.ID – Salah satu hal yang perlu diwaspadai pada saat menjalankan bisnis online adalah komplain pengembalian barang dari pelanggan.
Sebagai seorang penjual produk secara online, tentunya kita menginginkan agar produk yang dijual tidak mendapatkan komplain atau bahkan dikembalikan oleh pembeli (retur).
Meski demikian, pada kenyataannya komplain dan retur hampir selalu terjadi pada bisnis online.
Baca Juga: Tips Bisnis Online dengan Sistem Pre-Order ala Tokopedia, Pasti Lancar
Hal yang bisa dilakukan adalah meminimalkan komplain toko, agar tidak sering terjadi.
Di dalam hal ini, kita perlu tahu cara meminimalkan komplain toko agar bisa memberikan pelayanan yang lebih maksimal.
Mengutip dari blog Tokopedia, berikut adalah cara meminimalkan komplain toko ala Tokopedia yang bisa kita terapkan.
1. Foto Asli Produk
Cara meminimalkan komplain toko ala Tokopedia yang pertama, adalah dengan menggunakan foto asli produk. Sering kali seller memajang foto yang diambil dari situs web atau supplier-nya.
Akibatnya, gambar dengan produk asli memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Oleh karena itu, seller disarankan untuk tidak mengambil foto dari situs web lain yang terlalu berbeda dari produk aslinya.
Seller juga disarankan untuk mengambil gambar dengan resolusi dan pencahayaan yang baik. Pasalnya, kedua hal tersebut akan membuat pembeli dapat melihat kualitas produk yang sebenarnya.
Baca Juga: Keuntungan Fitur Pre-order di Tokopedia, Jualan Bisa Lebih Nyaman