Follow Us

facebookinstagramyoutube_channeltwitter

Kredivo Ungkap Pandemi Akselerasi Perubahan Perilaku Belanja Online

Winda - Kamis, 10 Juni 2021 | 20:00
perilaku konsumen Indonesia
iStockphoto

perilaku konsumen Indonesia

CERDASBELANJA.ID – Indonesia merupakan salah satu negara dengan perkembangan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.

E-commerce menjadi industri utama yang mendorong pertumbuhannya.

Dibalik angka pertumbuhan yang sangat tinggi, perilaku konsumen menjadi elemen penting.

Baca Juga: PermataBank Luncurkan Program Pelatihan PermataYouthPreneur 2021

Hal itu untuk memahami tren bisnis maupun peluang bagi para merchant bahkan platform e-commerce untuk terus dapat beradaptasi di tengah pandemi.

Untuk itu, tahun ini Kredivo dan Katadata Insight Center kembali meluncurkan riset tahunan edisi kedua Perilaku Konsumen E-Commerce Indonesia 2021.

Kredivo bersama Katadata Insight Center ungkap pandemi akselerasi perubahan perilaku berbelanja online.

Riset ini dilengkapi dengan analisis perilaku pembayaran konsumen dan penggunaan paylater di tengah pandemi.

Pemanfaatan data primer 10 juta sampel transaksi dari enam pemain e-commerce terbesar Indonesia dimulai bulan Januari hingga Desember 2020.

Data ini diperkuat oleh survei online yang dipercaya dapat memberikan gambaran langsung mengenai industri e-commerce tanah air.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Cara untuk Baca Polis Asuransi AXA dengan Tepat

Terjadi peningkatan rata-rata nilai transaksi secara konsisten di hampir semua kategori produk.

Peningkatan disebabkan oleh konsumen yang bergeser ke pembelanjaan secara online.

Hal ini menunjukkan meningkatnya kepercayaan konsumen terhadap transaksi digital, walaupun distribusi belum merata di beberapa wilayah.

Di tengah dominasi gen Z dan milenial, generasi X (kelompok usia 36-45) mengalami peningkatan jumlah transaksi berbelanja online menjadi 19% pada 2020.

Lebih lanjut, riset menunjukkan pengguna metode pembayaran paylater pun meningkat selama pandemi.

Dari konsumen yang menyatakan pernah menggunakan paylater, 55% pengguna baru menggunakannya di saat pandemi.

Baca Juga: Resmi! Twitter Mulai Terapkan Layanan Berbayar di Kanada dan Australia

Dengan paylater, kita bisa membeli kebutuhan mendesak atau berbelanja dengan cicilan pendek.

Selain itu, sebanyak 41% konsumen memilih fitur paylater untuk mengontrol cash flow (pengeluaran bulanan).(*)

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular

x