CERDASBELANJA.ID – Pada saat punya bisnis pertama, masih banyak pemilik bisnis yang bingung bagaimana cara membangun brand bisnis yang dimiliki.
Ada banyak cara untuk membangun brand bisnis, tetapi kini umumnya pebisnis menggunakan bantuan media sosial.
Cara membangun brand dengan media sosial ini pun beragam. Ada banyak hal yang perlu kita siapkan dan juga riset.
Baca Juga: Tokopedia Hadirkan 3 Layanan B2B Digital, Peluang Kembangkan Bisnis
Cara membangun brand dengan media sosial, umumnya cocok dilakukan oleh UMKM yang baru merintis bisnisnya.
Untuk membantu kita mencari cara membangun brand dengan media sosial, Tokopedia memberikan beberapa tips berjualan khusus.
Mengutip dari blog Tokopedia, berikut adalah beberapa cara membangun brand dengan media sosial ala Tokopedia yang bisa ditiru.
1. Menciptakan Persona dari Brand
Cara membangun brand dengan media sosial yang pertama, adalah menciptakan persona brand yang ingin kita bangun. Persona sendiri, adalah identitas yang ingin kita tunjukkan di media sosial.
Identitas ini bisa tecermin dari beberapa cara, yaitu tonality konten yang kita hadirkan. Selain itu, identitas juga bisa dibangun dengan menghadirkan sosok fiktif yang relevan dengan audiens yang dituju.
Sebagai contoh dari sosok fiktif, Tokopedia menghadirkan sosok Minto. Tokopedia menggambarkan Minto sebagai anak magang yang masih muda, energik, dan senang bercanda. Kehadiran sosok Minto ini, terbukti bisa menarik perhatian followers lewat kuis ataupun bercandaanya.
Baca Juga: Menimbang Keuntungan dan Tantangan GoTo, Merger Gojek dan Tokopedia