CERDASBELANJA.ID – Kali ini, Tokopedia kembali menghadirkan kampanye tahunan Ramadan in Style.
Kampanye Ramadan in Style di Tokopedia ini, menawarkan beragam produk fashion muslim buatan pegiat usaha lokal.
“Set mukena, baju koko, sarung dan hijab instan menjadi yang paling diburu masyarakat pada kampanye di tahun ke-2 ini,” ungkap Head of Category Development (Fashion) Tokopedia Falah Fakhriyah.
Baca Juga: 5 Rekomendasi Parsel Ramadan 2021 ala Tokopedia, Cocok untuk Lebaran
Selain itu, ada juga beberapa produk di kategori Fashion Muslim Tokopedia dengan peningkatan transaksi paling tinggi selama minggu pertama Ramadan 2021. Di antaranya adalah set busana muslim keluarga dan baju koko.
“Transaksi baju koko, misalnya, meningkat hampir 5x lipat, sedangkan transaksi set busana muslim keluarga meningkat lebih dari 5,5x lipat,” tambah Falah.
Adapun dua pegiat usaha fashion muslim lokal yang turut berkolaborasi dalam kampanye ini, adalah Monel Official dan Gonegani.
Maraknya penjualan busana muslim dan hijab pada 2011, menginspirasi Irma Mariam bersama empat sahabatnya untuk memulai usaha Monel.
Irma menawarkan beragam produk fashion muslim, mulai dari hijab, scarf, hingga berbagai gaun muslim lainnya dengan nuansa colorful.
Setelah toko offline Monel terpaksa tutup sementara karena PSBB, Irma beradaptasi dengan buka toko online Tokopedia pada Juli 2020.
Baca Juga: Hari Bangga Buatan Indonesia, Tokopedia Beri Diskon Hingga 90%
“Kami juga rajin ikut berbagai kampanye di Tokopedia. Salah satunya Ramadan in Style, yang mendorong peningkatan transaksi toko lebih dari 7x lipat selama 2 minggu pertama Ramadan dibanding periode yang sama pada bulan sebelumnya,” jelas Irma.
Selain mendorong penjualan, Tokopedia juga telah membantu Monel meraup omzet ratusan juta. Melalui Monel, Irma bersama empat sahabatnya pun turut memberdayakan sejumlah penjahit lokal dari Bandung dan Garut.
Di sisi lain, Laki-laki asal Jambi Khairul Gani, mencari cara agar dapat hidup mandiri selama kuliah di Malang. Ia pun melihat peluang usaha di industri fashion yang digemarinya.
“Saya terjun ke industri ini dengan berjualan baju siap pakai. Hanya dengan modal Rp1 juta untuk produksi, saya kemudian membuat baju rancangan sendiri dengan nama Gonegani pada 2016,” ceritanya.
Ternyata usaha Gani pun melesat, sampai akhirnya ia konsisten berkolaborasi dengan sejumlah influencer, serta memanfaatkan Tokopedia untuk menjangkau pasar lebih luas.
“Nama Gonegani bahkan sampai Aceh dan Papua. Omzet saya juga meningkat menjadi ratusan juta per bulan,” jelas Gani.
Baca Juga: Sambut Ramadan 2021, Tokopedia Luncurkan Fitur Terbaru Wakaf Uang
Gani pun berbagi kiat sukses dalam menjalankan usaha terutama di kala pandemi.
“Selalu utamakan kualitas dan jangan lupa menghadirkan produk yang relevan dengan kebutuhan konsumen. Hargai setiap proses karena hasil tak akan pernah mengkhianati usaha,” pesannya.
Ramadan in Style akan berlangsung hingga 8 Mei 2021. Kita bisa menikmati deretan nilai tambah, termasuk rilisan kolaborasi eksklusif dari berbagai brandfashion muslim, flash sale mulai dari Rp25.000 setiap hari dan diskon hingga 90%. (*)