CERDASBELANJA.ID – Kondisi pandemi selama setahun ini, memberikan dampak signifikan bagi bisnis Dekayu.
Bisnis Dekayu menjual produk peralatan rumah yang terbuat dari kayu berkualitas. Mulai dari alat makan, dekorasi, properti foto, perkakas, hiasan, bingkisan, sampai hadiah.
Pemilik Dekayu, Yaniar Fernanda memulai bisnis ini pada tahun 2017. Awalnya Nia, panggilan akrab Yaniar, memulai bisnisnya dari mengolah limbah kayu.
Baca Juga: Wah, Nagita Slavina Bisnis Kosmetik, Intip Produk dan Harganya
Seiring berjalannya waktu dan banyaknya inovasi yang dibuat, maka bisnis Dekayu pun ikut berkembang.
Namun, pada saat pandemi datang bisnis Nia pun mulai terguncang. Apalagi bisnis Dekayu ini, hanya berfokus pada penjualan offline di toko dan mengandalkan kunjungan turis.
Untuk itu, Dekayu mulai berinovasi dengan mengeluarkan produk hampers. Pasalnya, kata Nia, sebagian besar masyarakat berpikir bahwa produk kerajinan hanya bisa menjadi pajangan saja.
“Nah, kami pun mulai membuat produk kebutuhan rumah tangga mulai dari piring, gelas, sendok, garpu maupun perabotan rumah dari kayu,” ujar Nia dikutip dalam diskusi virtual, Rabu (28/4).
Melaluiinovasi bisnis Dekayu, Nia ingin menunjukkan bahwa barang-barang dari kayu juga bisa digunakan sehari-hari. Jadi selain desain yang cantik, produk ini juga fungsional.
Kemudian inovasi bisnis Dekayu yang kedua, pada pertengahan tahun 2020 Dekayu mulai berani untuk bergabung ke marketplace dan memasarkan produknya secara luas.
Baca Juga: Lama Tak Nampak, Ternyata Indra L Bruggman Bisnis Fashion Wanita
Jadi selain menyediakan hampers, Dekayu juga menambah kanal penjualan online dan berujung menjadi penopang bisnisnya selama tahun 2020.
Untuk terus mendongkrak penjualan selama Ramadan 2021 ini, Dekayu akan terus mengikuti segala kampanye yang dihadirkan marketplace terkait.
Dekayu juga akan senantiasa memanfaatkan beragam fitur yang ada di dalam marketplace tersebut. Misalnya seperti fitur voucher toko, gratis ongkos kirim, dekorasi toko dan sebagainya.
“Pokoknya semua yang bisa dilakukan akan kami optimasi. Harapannya, jika kami terus aktif, lama kelamaan konsumen akan mulai mengenali pasar Dekayu,” tutur Nia.
Nia percaya, dengan terus mengikuti tren yang berkembang, Dekayu bisa sedikit demi sedikit menarik minat banyak masyarakat lokal.
Selama bulan Ramadan 2021 ini, Dekayu juga meluncurkan inovasi bisnis lainnya, yaitu dengan berkolaborasi pada produk hampers.
Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Atta Halilintar Punya Bisnis Makanan Korea
Tidak berdiri sendiri, Dekayu juga berkolaborasi bersama pegiat bisnis lainnya. Seperti pemilik produk cookies, hijab, dan sebagainya.
Nantinya, produk Dekayu dan pegiat usaha lain ini akan digabungkan menjadi sebuah paket hampers Lebaran yang istimewa.
“Harapannya semua produk yang ada di hampers ini, memang benar-benar bisa fungsional dipakai. Jadi kalau misalnya mau memberi tetap ada cendera matanya dan ada perhatian personalnya di dalam produk,” tutup Nia. (*)