Follow Us

Kartini di Era Digital, Ini Dia Pelopor Layanan Tagihan di Tokopedia

Yunus - Jumat, 23 April 2021 | 04:00
Kartini di era digital dari Tokopedia.
DOK. TOKOPEDIA

Kartini di era digital dari Tokopedia.

CERDASBELANJA.ID – Semangat juang Kartini ternyata tertanam kuat di banyak perempuan Indonesia.

Termasuk perempuan modern yang berkiprah di bidang teknologi.

Salah satunya perempuan yang dikenal sebagai pelopor layanan tagihan di Tokopedia, yang bisa juga disebut sebagai Kartini di era digital.

Baca Juga: Siap-siap, Market & Museum at Home akan Hadir di Tokopedia 5 Hari

Dia adalah Farrah Nurul Fatimah, Product Design Lead Tokopedia.

Farrah jadi salah satu perempuan pemimpin yang mendorong lahirnya berbagai inovasi di Tokopedia, yang mempermudah kehidupan masyarakat.

Di antaranya dengan mempelopori layanan tagihan di Tokopedia.

Layanan tagihan digitak di Tokopedia.
DOK. TOKOPEDIA

Layanan tagihan digitak di Tokopedia.

Awalnya, ketertarikan Farrah pada dunia teknologi meningkat saat bergabung dengan Tokopedia pada 2013 sebagai web designer.

“Saat itu, web designer Tokopedia hanya 3 orang. Kami bertanggung jawab mengembangkan website Tokopedia agar mudah digunakan masyarakat,” jelas Farrah.

Farrah salah satu Nakama (karyawan Tokopedia) yang mengawali keberadaan produk digital di Tokopedia, seperti pembayaran pulsa, tagihan listrik, dan sebagainya.

Baca Juga: Keunggulan Proses Pesanan di Aplikasi Tokopedia Seller, Lebih Lengkap

Berkat terobosan ini, banyak masyarakat terbantu dalam memenuhi kebutuhan produk digital. Terlihat dari jumlah transaksi produk digital di Tokopedia yang meningkat signifikan sejak diluncurkan.

Farrah bersama puluhan Product Design Lead Tokopedia memimpin ratusan Nakama untuk mengembangkan berbagai produk di website maupun aplikasi Tokopedia.

Inovasi yang dikembangkan termasuk fitur inbox, chat, notifikasi, halaman bantuan atau pusat resolusi, hingga layanan streaming, Tokopedia Play.

“Tokopedia Play jadi terobosan di industri e-commerce, yang memungkinkan penjual berinteraksi langsung dengan masyarakat melalui live shopping,” tambah Farrah.

Antusiasme masyarakat terhadap konten di Tokopedia Play terlihat dari total view yang mencapai lebih dari 8 juta selama kuartal I/2021.

Farrah mengungkapkan, “Dalam menciptakan atau mengembangkan inovasi, kami terus memikirkan kebutuhan pengguna, termasuk visual dan interaksinya.”

Baca Juga: Dikabarkan Merger, Ini Calon CEO Entitas Gabungan Gojek dan Tokopedia

“Tentu juga dengan mengedepankan 3 DNA Tokopedia, yaitu Focus on Consumer, Growth Mindset dan Make it Happen, Make it Better,” tambah Farrah.

Sebagai talenta digital perempuan Indonesia, Farrah mengungkapkan bahwa gender bukanlah penghalang untuk terus berkarya dan memaksimalkan potensi diri di berbagai bidang.

Asal punya kemauan dan kemampuan.

“Tokopedia terus mendorong agar setiap Nakama, tidak terkecuali perempuan, untuk terus berkembang. Tentu dengan mengedepankan ketulusan berbagi seperti seorang guru dan kerendahan hati untuk terus belajar seperti seorang murid,” ungkap Kartini di era digital ini pelan.

Perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia, saat ini telah menjadi rumah bagi lebih dari 6.000 Nakama yang berasal dari berbagai latar belakang.

Perbandingan jumlah karyawan perempuan dan laki-laki relatif seimbang. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest