Follow Us

3 Cara Diversifikasi Produk Investasi, Investor Pemula Wajib Tahu

Wulan - Jumat, 16 April 2021 | 22:00
Cara Diversifikasi Produk Investasi, Investor Pemula Wajib Tahu
rawpixel.com / audi

Cara Diversifikasi Produk Investasi, Investor Pemula Wajib Tahu

CERDASBELANJA.ID – Kita tentunya sering mendengar anjuran bahwa jangan berinvestasi pada satu produk saja, alias harus melakukan diversifikasi.

Diversifikasi investasi, adalah salah satu strategi investasi untuk meminimalkan risiko dari investasi kita.

Artinya, kita perlu menginvestasikan uang kita pada beberapa produk investasi yang berbeda, jangan hanya satu produk saja.

Baca Juga: 3 Jenis Investasi Tepat untuk Freelancer, Mana yang Menguntungkan?

Sebagai contoh, kita bisa melakukan diversifikasi ke produk investasi reksa dana saham, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana pasar uang, deposito, atau Surat Berharga Negara (SBN).

Hal ini penting, agar jika suatu saat ada produk investasi yang mengalami kerugian besar, kita masih punya beberapa produk investasi lain yang menjadi andalan.

Untuk mempermudah kita dalam melakukan diversifikasi, berikut adalah cara diversifikasi produk investasi.

1. Kenali Profil Risiko

Cara diversifikasi produk investasi yang pertama, adalah mengenali profil risiko investasi kita. Profil risiko adalah cerminan diri kita pada saat menghadapi risiko dari investasi.

Kita perlu memahami dulu, bahwa semakin besar keuntungan yang didapatkan, maka semakin besar pula risiko investasi yang membayangi. Ada tiga kategori profil risiko investor, yaitu konservatif, moderat, serta agresif.

Kita perlu mengenali dulu profil risiko kita sebelum menentukan produk investasi mana yang cocok dengan profil risiko tersebut.

Baca Juga: 4 Cara Pilih Reksa Dana yang Aman, Investasi Jadi Makin Cuan!

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest