Follow Us

Ciri-ciri Kita Terjebak Penipuan Transaksi Online, Wajib Waspada!

Wulan - Sabtu, 27 Maret 2021 | 22:00
Ciri-ciri Kita Terjebak Penipuan Transaksi Online, Wajib Waspada!
iStockphoto

Ciri-ciri Kita Terjebak Penipuan Transaksi Online, Wajib Waspada!

CERDASBELANJA.ID – Di tengah kondisi pandemi ini, seluruh masyarakat diimbau untuk mengurangi kontak fisik dengan bertransaksi secara online.

Namun sejalan dengan kemudahan tersebut, tentunya ada banyak risiko transaksi online yang perlu diwaspadai, salah satunya adalah penipuan.

Penipuan ini bisa menjebak siapa saja dan kapan saja, jadi sudah sewajarnya kita perlu berhati-hati dalam melindungi informasi pribadi termasuk informasi finansial.

Baca Juga: Cara Mudah Kenali Penipuan dari Situs Pinjaman Online Ilegal

Meski demikian, walaupun kita merasa sudah berhati-hati dalam bertransaksi tetapi terkadang kejahatan siber masih bisa menimpa kita.

Biasanya, terdapat ciri-ciri tertentu yang mengindikasikan bahwa kita sudah terjebak penipuan transaksi online.

Selagi bisa dicegah, simak ciri-ciri kita terjebak penipuan transaksi online.

1. Tiba-tiba Dihubungi Perusahaan Pinjaman Online

Jika sebuah perusahaan pinjaman online atau debt collector yang tidak pernah berhubungan dengan kita tiba-tiba menghubungi kita, baik melalui telepon atau secara langsung dan meminta uang, maka kita perlu berhati-hati.

Untuk memastikan hal yang mereka katakan, maka kita perlu mengecek situs web resmi mereka dan menghubungi nomor tertera. Setelah itu, kita perlu mengecek dan mengonfirmasi kebenaran dari informasi yang diterima sebelumnya.

Jika yang menghubungi kita adalah perusahaan pinjaman online, maka kita perlu memeriksa apakah perusahaan tersebut terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau tidak. Jika tidak, maka bisa dipastikan perusahaan tersebut abal-abal atau tidak resmi.

Baca Juga: Selalu Waspada, Ini Ciri-ciri Fintech Lending Ilegal dan Berbahaya

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest