Follow Us

Cara Kerja Bursa Saham Sebenarnya, Investor Pemula Wajib Tahu

Wulan - Kamis, 25 Maret 2021 | 22:00
Pelajari Bagaimana Cara Kerja Bursa Saham, Investor Pemula Wajib Tahu
freepik

Pelajari Bagaimana Cara Kerja Bursa Saham, Investor Pemula Wajib Tahu

CERDASBELANJA.ID – Saham adalah sebuah bukti kepemilikan nilai sebuah perusahaan atau penyertaan modal dari seseorang, di dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas.

Melalui kepemilikan modal tersebut, maka seseorang memiliki klaim atas pendapatan dan aset perusahaan yang disebut dividen.

Sebuah saham mewakili kepentingan kepemilikan di sebuah perusahaan. Bisa dibilang, dengan memiliki saham berarti kita juga sudah menjadi bagian dari pemilik perusahaan tersebut.

Baca Juga: Apa Itu Saham? Investasi yang Disebut Berisiko Tinggi, Ini Jawabannya

Selain itu, pemegang saham juga berhal hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang kerap digelar perusahaan terkait.

Tidak sedikit orang yang mengatakan bahwa berinvestasi di saham, merupakan cara yang bagus untuk membuat kita cepat kaya.

Hal ini tidak sepenuhnya salah, tetapi perlu diingat keuntungan dari investasi saham selalu berbanding lurus dengan kerugian yang bisa dialami.

Namun sebelum berinvestasi, ada baiknya kita mengenal dulu bagaimana cara kerja bursa saham, serta bagaimana saham bisa memberikan kita keuntungan.

Bursa saham adalah pasar sekunder tempat investor individu, investor institusi, serta perusahaan dapat bertransaksi produk investasi.

Perlu dipahami, bahwa perusahaan yang listing atau terdaftar di pasar saham tidak membeli dan menjual saham mereka secara teratur.

Baca Juga: Investor Pemula Wajib Tahu Apa Saja Jenis Saham, Ada Banyak Pilihan

Jadi saat kita membeli saham di bursa, kita tidak membelinya langsung dari perusahaan.

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest