CERDASBELANJA.ID – Influencer media sosial biasanya menghasilkan uang dengan mengiklankan produk di Instagram, Twitter, YouTube, TikTok dan media sosial lainnya.
Sama seperti pebisnis yang mengiklankan produknya di media sosial, mereka juga sering membayar influencer dengan jumlah followers yang besar untuk mempromosikan produknya.
Entah melalui metode kemitraan atau paid promote, metode ini ampuh dan banyak digunakan oleh pemilik produk.
Baca Juga: Kim Soo Hyun, Aktor Termahal dari Drakor yang Honornya Rp2 M per Episode
Terutama, jika followers yang dimiliki influencer tersebut sesuai dengan target pasar suatu bisnis atau merek.
Tidak heran jika para influencer dengan jumlah followers tinggi, bisa mendapatkan banyak penghasilan dari media sosial.
Mengutip dari Fox Business, berikut adalah lima influencer dengan bayaran tertinggi di dunia. List ini didasarkan pada “Instagram Rich List” milik Hopper sepanjang tahun 2019.
1. Kylie Jenner
Kylie Jenner (23) dapat menghasilkan lebih dari USD1 juta atau Rp14,3 miliar (asumsi kurs Rp14.391) per postingan Instagram bersponsor yang diunggah.
Selebriti dan influencer yang namanya menjulang lewat serial E! News ‘Keeping Up with the Kardashians’ ini, kemudian memulai bisnis lini makeup-nya sendiri di usia 19 tahun dengan 220 juta followers.
Berdasarkan data tersebut, Jenner berhasil menjadi miliarder mandiri termuda di dunia pada tahun 2018.
Baca Juga: Ini Addison Rae, Influencer TikTok Berpenghasilan Rp71,6 miliar
2. Ariana Grande
Ariana Grande (27) menghasilkan uang kurang dari USD1 juta atau Rp14,3 miliar untuk setiap postingan bersponsor di halaman Instagram-nya.
Bintang pop ini, merupakan salah satu orang yang memiliki jumlah followers di Instagram, dengan jumlah 226 juta.
Grande pertama kali melebarkan sayapnya di acara TV anak-anak Nickelodeon, sebelum ia memulai kariernya di bidang musik. Sampai saat ini, Grande telah dianugerahi berbagai penghargaan seperti Grammy Award, Brit Award, Billboard Music Awards, American Music Awards, serta Guiness World Record.
3. Cristiano Ronaldo
Ronaldo (36) menghasilkan USD975 ribu atau Rp14 miliar untuk setiap postingan Instagram bersponsor.
Ronaldo yang merupakan pemain sepak bola professional ini, juga merupakan tokoh yang memiliki jumlah followers terbanyak, yaitu 269 juta.
Pemenang Ballon d'Or lima kali dan penerima penghargaan pemain FIFA Pria Terbaik 2017, telah menandatangani kontrak seumur hidup senilai USD$ 1 miliar atau Rp14,3 triliun dengan Nike pada Maret 2017.
Baca Juga: 7 Konten Kreator TikTok Terkaya Dunia, Raih Rp70 Miliar Setahun
4. Kim Kardashian
Kim Kardashian (40) mampu menghasilkan USD910 ribu atau Rp13 miliar untuk setiap postingan Instagram bersponsornya.
Kardashian juga mulai menarik perhatian banyak orang, setelah membintangi serial “Keeping Up with the Kardashians” yang pertama kali ditayangkan tahun 2007.
Memiliki followers 209 juta, Kardashian sering memposting berbagai sponsor di dalam akunnya. Tidak hanya itu, Kardashian juga memiliki bisnis pakaian, parfum, serta lini beauty. Aplikasi game seluler yang bertajuk "Kim Kardashian: Hollywood" juga berhasil meraup jutaan dolar, menurut majalah Variety.
5. Selena Gomez
Selena Gomez (28) menghasilkan kurang dari USD900 ribu atau Rp12,9 miliar untuk setiap postingan Instagram bersponsornya. Aktris, penyanyi, dan penulis lagu ini juga merupakan pendiri perusahaan makeup bertajuk ‘Rare Beauty”.
Memiliki jumlah followers 216 juta, Gomez telah mencatatkan pencapaiannya di Billboard 100 dan 200.
Selain itu, Gomez juga menjadi duta UNICEF pada usia 17 tahun. (*)