Follow Us

Gojek Bekali Edukasi Keamanan Digital Bagi UMKM, Jaga Bisnis agar Aman

Wulan - Selasa, 23 Februari 2021 | 21:00
Gojek Bekali Edukasi Keamanan Digital Bagi UMKM, Jaga Bisnis agar Aman
HAI Online

Gojek Bekali Edukasi Keamanan Digital Bagi UMKM, Jaga Bisnis agar Aman

CERDASBELANJA.ID – Selama pandemi, Gojek terus mendorong penguatan kompetensi keamanan digital mitra usaha di ekosistemnya.

Langkah ini ditempuh untuk melindungi mitra usaha dari modus penipuan rekayasa sosial (social engineering) oleh oknum. Khususnya, yang menyasar pelaku usaha di tengah tingginya adopsi digital masyarakat.

Pembekalan kompetensi mitra usaha Gojek tentang keamanan digital selama tahun 2020 membuahkan hasil yang positif.

Baca Juga: Cara Membuat Emergency Kit Sederhana, Persiapan Untuk Siaga Bencana

Hal ini terbukti lewat hasil survei Gojek yang menyatakan, bahwa sebesar 98% mitra usaha yakin untuk mengembangkan bisnis dengan aman bersama Gojek setelah mendapat edukasi.

Pada tahun 2021 ini, Gojek kembali meneruskan inisiatif edukasi dan pelatihan untuk ribuan mitra usaha khususnya UMKM di bidang keamanan digital.

Langkah edukasi ini dilakukan dengan berkolaborasi bersama penggerak inisiatif literasi digital, Siberkreasi, serta Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo RI).

Head of Merchant Platform Business Gojek Novi Tandjung mengatakan, Gojek percaya edukasi merupakan langkah yang sangat efektif.

Khususnya, dalam meningkatkan kewaspadaan mitra usaha terhadap berbagai modus penipuan oleh oknum.

Inisiatif menyeluruh dari Gojek ini tidak hanya melalui edukasi rutin mengenai langkah-langkah dalam memitigasi risiko penipuan.

Baca Juga: Cara Klaim Asuransi Mobil Korban Banjir, agar Tak Boros Biaya

Namun juga mendukung dari sisi peningkatan teknologi untuk keamanan mitra usaha.

Hasilnya, survei Gojek mengenai tingkat kepercayaan mitra usaha Gojek menunjukkan, sebesar 82% mitra usaha Gojek sudah memahami berbagai modus penipuan dan bagaimana menghindarinya.

Selanjutnya, 99% mitra juga setuju aplikasi GoBiz konsisten mengembangkan sistem yang fokus melindungi keamanan digital.

Adapun inovasi teknologi Gojek untuk memperkuat sistem keamanan di platform GoBiz, adalah fitur daftar mandiri, Kelola Pegawai, serta Menu Bantuan yang dapat membantu mitra usaha untuk menghindari modus penipuan.

“Sementara itu di sisi non teknologi, Gojek aktif mengampanyekan pesan edukatif JAGA melalui berbagai kanal komunikasi mitra usaha,” ujar Novi dikutip dalam keterangan tertulis, Selasa (23/2).

Edukasi Gojek untuk meningkatkan kompetensi digital mitra usaha sendiri dirangkum dalam sebuah panduan bernama JAGA.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Bikin Ponsel Jadi Cepat Rusak, Jangan Disepelekan

Panduan ini meliputi beberapa hal, yaitu Jangan transfer uang ke siapa pun (J), Amankan data

usaha & data pribadi, seperti kode OTP, nomor kartu ATM/debit/kredit, CVV, kode PIN dan sebagainya (A).

Gunakan fitur Kelola Pegawai di aplikasi GoBiz untuk melindungi data usaha Anda (G), serta Adukan hal mencurigakan lewat Menu Bantuan di halaman Lainnya pada aplikasi GoBiz (A).

Melalui kerja sama dengan Siberkreasi, Gojek berharap edukasi keamanan digital ini akan semakin memberikan dampak positif secara menyeluruh.

Kepada ratusan ribu mitra usaha di ekosistem Gojek dan tidak terbatas kepada pengguna GoBiz dan mitra usaha GoFood saja.

Baca Juga: Cara Hitung Penghasilan YouTuber, Ini Potensi Sumber Gaji Terbesarnya

Nantinya, mitra usaha Gojek bisa mendapatkan materi-materi keamanan digital dari para mentor melalui sesi di Komunitas Partner GoFood (KOMPAG), sesi reguler Bincang Biznis GoBiz, Temu Midtrans, dan A Cup of Moka (ACOM).

Selain itu, akan ada konten edukatif dapat diakses mitra usaha melalui media sosial Gojek seperti @gofoodpartners dan @gobizbygojek. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest