Follow Us

4 Hal Ini Wajib Dilakukan Sebelum Beli Rumah, Agar Tak Terjebak!

Wulan - Senin, 22 Februari 2021 | 17:00
4 Hal wajib dilakukan sebelum beli rumah.
Photo by Binyamin Mellish from Pexels

4 Hal wajib dilakukan sebelum beli rumah.

CERDASBELANJA.ID – Membeli rumah pribadi adalah impian semua orang. Hal ini perlu direncanakan dengan komitmen yang matang dan signifikan.

Untuk mencapai tujuan keuangan, sangat penting bagi kita untuk meluangkan waktu dan mempersiapkan situasi keuangan sebelum memutuskan untuk membeli rumah.

Hal ini tidak akan mempermudah pembayaran cicilan kita, tetapi berpotensi mengurangi jumlah utang yang dimiliki. Demi mempermudah kita dalam membeli rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak terjebak dengan cicilan yang menumpuk.

Baca Juga: Cara Bersihkan Rumah dengan Praktis dan Hemat Waktu, Wajib di Coba!

1. Periksa Daftar Utang

Skor kredit adalah faktor terpenting yang akan dipertimbangkan pemberi pinjaman, saat kita mengajukan pinjaman. Jadi, akan penting untuk mengecek skor kredit sebelum mengajukan pinjaman.

Selain itu, periksa daftar utang yang dimiliki sebelumnya. Pertimbangkan berapa banyak kita mampu melakukan cicilan dalam sebulan. Jangan sampai membebankan finansial karena ada banyak utang yang menumpuk.

Jika kita memiliki banyak cicilan lain, maka lunasi dulu cicilan tersebut sebelum memutuskan untuk membeli rumah. Pasalnya, jika dipaksakan ada banyak risiko yang bisa terjadi di masa depan.

2. Maksimalkan Uang Tabungan

Memang ada banyak program untuk membeli rumah pertama kali. Bahkan, ada beberapa pemilik perumahan yang menawarkan rumah dengan uang muka yang rendah.

Namun jika kita memiliki lebih banyak tabungan untuk membeli rumah, maka ini akan memperkecil jumlah utang dan cicilan yang dibebankan di masa mendatang.

Semakin banyak uang yang kita tabung, maka akan semakin sedikit risiko yang bisa terjadi ke depannya. Untuk itu, maksimalkan tabungan dengan memanfaatkan semua platform investasi yang tersedia.

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest