CERDASBELANJA.ID – Belakangan ini, tren ketertarikan masyarakat terhadap brand dan produk lokal terus tumbuh.
Berdasarkan survei yang dilakukan Katadata Insight Center (KIC) di tahun 2020, menunjukkan bahwa 82,3% responden memilih menggunakan produk lokal.
Alasannya, karena dimotivasi oleh kebanggaan terhadap produk dalam negeri. Sementara itu, ada 60,7% responden yang memakai produk lokal karena harga yang terjangkau.
Baca Juga: Cara Belanja Kekinian Hanya Pakai Smartphone di Merchant LinkAja
Hal ini menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat akan brand dan produk lokal sudah semakin besar.
Untuk itu, diperlukan strategi yang tepat dari sisi inovasi, kemudahan akses pembelian serta marketing, dan branding untuk mendorong pertumbuhan yang lebih besar.
Adapun salah satu kategori produk lokal yang banyak digemari masyarakat adalah produk perawatan kulit, kosmetik, dan produk kecantikan.
Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay Eka Nilam Dari mengatakan, meskipun terus digempur dengan berbagai brand dan produk internasional, tetapi berbagai produk lokal mampu menunjukkan perkembangan yang menjanjikan.
Khususnya, dari segi kualitas dan harga yang bersaing, serta strategi marketing dan branding yang baik.
“Melalui dukungan dari layanan, program, dan kampanye yang dihadirkan, kami berharap ShopeePay dapat mendorong lebih banyak bisnis lokal untuk tumbuh lebih besar,” ujar Eka dikutip dalam keterangan tertulis, Senin (22/2).
Baca Juga: Cara Disiplin Atur Keuangan Ala Orang Jepang, 5 Langkah Anti Boros!
Secara umum, terdapat tiga poin yang dapat dilakukan oleh brand lokal untuk menarik perhatian masyarakat, yaitu sebagai berikut.