Follow Us

Ini 3 Kebiasaan yang Dimiliki Orang Kaya, Menurut Perencana Keuangan

Wulan - Rabu, 10 Februari 2021 | 22:00
Ini 3 Kebiasaan yang Dimiliki Orang Kaya, Menurut Perencana Keuangan
freepik

Ini 3 Kebiasaan yang Dimiliki Orang Kaya, Menurut Perencana Keuangan

CERDASBELANJA.ID Seorang perencana keuangan bersertifikat, Malik S. Lee yang telah menjadi penasihat finansial selama 15 tahun, membagikan beberapa kebiasaan orang kaya.

Menurut Lee, selama menjadi penasihat bagi orang-orang kaya, ada beberapa pola kebiasaan yang umum dan mirip dari seluruh kliennya.

Meskipun tidak semua orang kaya memiliki kebiasaan ini, tetapi kita bisa meniru berbagai kebiasaan baik ini agar bisa mandiri secara finansial.

Baca Juga: Ini 4 Cara Mudah agar Cepat Kaya, Hanya Perlu Hapus Aplikasi

Mengutip dari Business Insider, berikut adalah tiga kebiasaan yang dimiliki orang kaya berdasarkan pengalaman Lee.

1. Pengeluaran Tahunan yang Paling Signifikan adalah Tabungan

Memang ada beberapa barang mahal yang identik dengan pengeluaran orang-orang kaya, seperti rumah mewah atau mobil eksotis.

Namun menurut Lee, pengeluaran terbesar yang sering dilakukan kliennya adalah komitmen mereka untuk menabung.

Berdasarkan fakta, klien Lee yang paling kaya secara konsisten menabung 25% atau lebih dari pendapatan kotornya setiap tahun.

Biasanya, sebagian besar pakar keuangan akan merekomendasikan kita mulai menabung sekitar 10% sampai 15% dari pendapatan kotor kita. Baru kemudian meningkatkannya setiap tahun, atau saat arus kas memungkinkan.

Namun ketika Lee melihat kliennya yang paling sukses, mereka telah berhasil mempertahankan tingkat tabungannya, bahkan di berbagai tingkat pendapatan. Mulai dari mereka yang memiliki pendapatan tahunan yang sangat tinggi, sampai pensiunan yang sudah tidak mendapatkan pendapatan sama sekali.

Baca Juga: Perencana Keuangan: Ini 3 Kesalahan yang Selalu Dilakukan Orang Kaya

Source : Business Insider

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest