Follow Us

Jangan Boros, Ini 5 Cara Mudah Menghemat Air Bersih di Rumah

Wulan - Kamis, 04 Februari 2021 | 17:00
Jangan Boros, Simak 5 Cara Mudah Untuk Menghemat Air Bersih di Rumah
Mobility Plus

Jangan Boros, Simak 5 Cara Mudah Untuk Menghemat Air Bersih di Rumah

CERDASBELANJA.ID – Air merupakan salah satu kebutuhan terpenting dalam kehidupan sehari-hari, bahkan lebih penting dari makanan. Apalagi, 70% dari tubuh kita berisi cairan. Untuk itu, keberadaan air bersih sangatlah penting.

Namun demikian, keberadaan air bersih terus berkurang setiap tahunnya. Hal ini kemudian menuntut kita untuk bijak dan tidak boros saat menggunakan air bersih.

Jangan sampai nantinya kita kesulitan mengakses air karena terjadi krisis air bersih.

Untuk menghemat air bersih, ada beberapa cara mudah yang bisa kita lakukan. Di antaranya adalah sebagai berikut.

Baca Juga: 4 Cara Menghemat Listrik agar Tagihan Tak Membengkak, Ini Tipsnya!

1. Memantau Penggunaan Air

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk menghemat air adalah dengan memantau penggunaan air bersih. Pemantauan ini berguna untuk mendeteksi adanya masalah pada sambungan air di rumah.

Teliti setiap pipa air untuk mengantisipasi adanya kebocoran. Selain itu, teliti penggunaan keran di kamar mandi, jangan pernah membiarkan keran terbuka lama saat tidak digunakan.

Jika tidak dipantau, bisa saja kita telah membuang-buang air bersih dengan percuma dan malah membuat tagihan air kita semakin membengkak. Bijaklah dalam menggunakan air bersih di mana pun dan kapan pun.

2. Kurangi Aktivitas yang Bisa Membuang Air

Cara kedua untuk menghemat air bersih adalah dengan mengurangi aktivitas yang berpotensi membuang-buang air bersih. Misalnya seperti menyiram tanaman, mencuci kendaraan, atau menyiram halaman.

Apabila biasanya kita menyiram tanaman setiap hari selama 2x sehari, maka kita bisa mengurangi intensitas tersebut menjadi satu kali saja dalam satu hari. Namun pada saat musim hujan tiba, tidak ada salahnya untuk menghentikan aktivitas menyiram tanaman, karena sudah tergantikan oleh air hujan.

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest