Follow Us

Digitalisasi, KoinWorks Ungkap 3 Tantangan UMKM dalam Bisnis Digital

Wulan - Kamis, 21 Januari 2021 | 20:30
Digitalisasi, KoinWorks Ungkap 3 Tantangan UMKM dalam Bisnis Digital
techinasia.com

Digitalisasi, KoinWorks Ungkap 3 Tantangan UMKM dalam Bisnis Digital

CERDASBELANJA.ID – Sebagaimana diketahui, pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak kepada kesehatan, tetapi juga kepada perekonomian.

Tidak hanya pebisnis besar, tetapi para pemilik Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) juga terkena dampak dari Covid-19 ini.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan KoinWorks kepada 1.188 pemilik bisnis di Indonesia, sebanyak 89,2% pemilik bisnis menyatakan bahwa Covid-19 memberikan dampak terhadap bisnis mereka.

Baca Juga: Murah! Beli Kuota Internet Unlimited Selama 30 Hari Hanya Rp100 Ribu

Untuk bertahan di tengah pandemi, para pebisnis dipaksa untuk tetap bertahan satunya dengan digitalisasi.

Untuk itu, para penisnis ini melakukan inovasi dan mulai terjun kepada sektor digital untuk memasarkan produknya.

Chief Marketing Officer KoinWorks Jonathan Bryan mengatakan, umumnya ada tiga tantangan UMKM untuk berinovasi dan memasuki sektor digital.

Pertama, adalah infrastruktur. Ini dikarenakan tidak semua lapisan masyarakat di Indonesia memiliki kemampuan dan pemahaman teknologi yang merata.

“Kalau di Jakarta akan sangat mudah tau soal e-commerce atau Instagram, tetapi kalau di daerah akan cukup sulit,” ujar Jonathan di dalam diskusi virtual, Rabu (20/1).

Kedua, kemauan untuk berinovasi. Dikarenakan saat ini tidak sedikit pemilik bisnis UMKM yang sudah merasa cukup dengan apa yang dimiliki.

Baca Juga: Lebih Ringkas, Makan Banyak Menu dari Berbagai Restoran Lewat Tabula

Apalagi melakukan inovasi ini akan memberikan risiko yang tidak pasti. Untuk itu, kemauan untuk berinovasi ini tidak akan dimiliki oleh semua orang.

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest