Follow Us

Sebelum Berinvestasi, Kenali Apa Saja Jenis Investasi Crowdfunding

Wulan - Selasa, 12 Januari 2021 | 10:00
Sebelum Berinvestasi, Kenali Apa Saja Jenis Investasi Crowdfunding
pexels.com/@weekendplayer

Sebelum Berinvestasi, Kenali Apa Saja Jenis Investasi Crowdfunding

CERDASBELANJA.ID – Urun dana (crowdfunding) adalah praktik penggalangan dana dari sejumlah besar orang untuk memodali suatu proyek atau usaha yang umumnya dilakukan melalui internet.

Crowdfunding adalah sebuah bentuk pendanaan untuk mereka yang membutuhkan dana dalam pengembangan usahanya, di mana pendanaan tersebut terkumpul dari beberapa orang.

Pendekatan ini memanfaatkan upaya kolektif dari sejumlah individu secara online, dengan menggunakan sebuah platform atau media sosial crowdfunding sebagai alat menjangkaunya.

Baca Juga: PSBB Diperketat, Mal dan Restoran Boleh Tetap Buka dengan Syarat

Crowdfunding mulai banyak dimanfaatkan orang untuk membantu para pengusaha maupun UKM pemula.

Umumnya, jenis crowdfunding yang telah familier di tengah masyarakat adalah crowdfunding berbasis donasi.

Namun, ternyata masih ada jenis crowdfunding baru yang belum diketahui oleh banyak orang. Di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Donation-based crowdfunding

Ini merupakan salah satu jenis penggalangan dana yang paling popular. Crowdfunding berbasis donasi biasanya hanya meminta sedikit sumbangan uang dari sejumlah besar orang untuk sebuah proyek.

Tipe crowdfunding yang satu ini tidak menawarkan imbalan apapun kepada mereka yang memberikan dana. Semua dana yang terkumpul akan diberikan dalam bentuk donasi.

Biasanya, proyek yang didukung oleh tipe crowdfunding ini bersifat masalah sosial dan kemanusiaan yang sedang terjadi saat pendanaan dilakukan.

Baca Juga: Promo RPM Alfamidi, Belanja dengan Harga Diskon dan Ekstra Potongan

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest