Follow Us

Bikin Was-Was, Benarkah Paket Belanja Online Kita Bisa Membawa Serta Virus Covid-19 ke Rumah?

Tiur Kartikawati Renata Sari - Kamis, 07 Januari 2021 | 13:55
Paket belanja online bisa membawa virus covid-19?
fleetopticsinc.com

Paket belanja online bisa membawa virus covid-19?

CERDASBELANJA.ID - Belanja online kini semakin marak digunakan dan menjadi gaya hidup bagi sebagian orang karena praktis.

Tak hanya itu, banyak diskon dan gratis ongkos kirim yang membuat belanja online makin menggiurkan.

Di saat pandemi covid-19, belanja online juga menjadi salah satu solusi untuk memenuhi hasrat berbelanja.

Baca Juga: Pesepeda, Ini Cara Dapat Promo Diskon 50% Harga Minuman di Starbucks

Tapi, benarkah paket belanja online yang sampai ke rumah kita bisa membawa virus covid-19?

Dilansir dari Business Insider, kecil kemungkinannya kita dapat terinfeksi virus corona dari kardus pembungkus paket yang dikirim. Ini karena virus corona tak dapat hidup untuk waktu yang lama di permukaan keras.

Covid-19 menyebar terutama ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin, kemudian menyebarkan tetesan yang mengandung virus ke orang lain. Sehingga, para ahli kesehatan mengatakan, risikonya sangat kecil virus corona bisa menyebar melalui pembungkus paket yang diantar ke rumah.

Baca Juga: Promo Hemat Terbaru Burger King, Flaming Deals Mulai Rp30 ribu

"Jika ada transmisi melalui paket, kita akan melihat penyebaran global langsung dari China pada awal wabah," kata Elizabeth McGraw, direktur Pusat Penyakit Infeksi Menular di Pennsylvania State University.

"Kami tidak melihat hal itu dan karena itu saya pikir risikonya sangat rendah." Namun, menurut Rachel Graham, seorang ahli epidemiologi di University of North Carolina, jika kamu ingin ekstra hati-hati, kamu dapat membersihkan paket yang baru diterima.

Ada bukti virus corona dapat hidup di permukaan tertentu selama berhari-hari, tetapi itu tidak berarti kamu akan mendapatkan Covid-19. Ada juga beberapa bukti yang menunjukkan, bahwa coronavirus dapat hidup di permukaan, tetapi jumlah mereka bisa bertahan hidup juga tergantung pada bahan permukaan.

Baca Juga: Investasi Menguntungkan dengan Reksa Dana Pasar Uang, Cukup 100 Ribu!

Source : kompas

Editor : Yunus

Baca Lainnya

Latest