Follow Us

Viral! Cabai Dicat Merah Ditemukan di Pasar, Ini Fakta Sebenarnya

Yunus - Jumat, 01 Januari 2021 | 11:06
Cabai dicat merah ditemukan di pasar, begini faktanya.
E+

Cabai dicat merah ditemukan di pasar, begini faktanya.

CERDASBELANJA.ID – Belanja di pasar memang tetap harus berhati-hati, jangan sampai jadi korban oknum tak bertanggung jawab.

Seperti informasi yang sedang viral, tentang cabai dicat merah yang ditemukan di pasar.

Secara tampilan sekilas memang menarik, padahal ternyata bukan cabai asli dan tentu saja berbahaya.

Baca Juga: Promo JSM Alfamart, Bikin Kita 4 Hari Belanja Murah Produk Harian

Seperti dilansir dari Kompas.com, petugas menemukan cabai yang dicat merah di lima lapak pedagang yang tersebar di tiga pasar tradisional di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Selasa (29/12).

Menurut Kepala Kantor POM Banyumas Suliyanto, cabai dengan pewarna itu ditemukan di Pasar Wage Purwokerto, Pasar Cermai Baturraden dan Pasar Kemukusan Sumbang.

Dia mengatakan, dari penampakannya cabai tersebut diduga diwarnai dengan cat kayu, karena pewarna yang digunakan tidak bisa larut dalam air atau alkohol.

"Kalau dilihat fisiknya ini bentuknya seperti cat, karena kalau pakai pewarna makanan akan sangat sulit menempel. Ini jelas bukan pewarna makanan," jelas Suliyanto.

"Sehingga penampakannya seperti cat kayu. Untuk kandungan kimianya belum dapat kami ketahui, kami akan berkoordinasi dengan kepolisian untuk melakukan uji laboratorium," ujar Suliyanto.

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag), Yunianto, mengaku baru pertama kali menemukan cabai yang diberi pewarna di pasar tradisional.

Baca Juga: Biar Ganti Tahun, Promo Hemat Indomaret Masih Beri Untung Dobel

Source : Kompas.com

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest