Hobi Belanja di Shopeefood? Ini Kisah Ayam Crisbar yang Bisa Ekspansi di Tengah Ambang Resesi

Senin, 31 Oktober 2022 | 21:00
DOK. AYAM CRISBAR

Yang hobi belanja ayam goreng di Shopeefood bisa intip kisahnya Ayam Crisbar.

CERDASBELANJA.ID – Anda termasuk hobi belanja Shopeefood?

Biasanya ayam crispy termasuk salah satu menu favorit yang dibelanjakan di Shopeefood.

Nah, untuk kita yang hobi belanja ayam crispy di Bandung dan sekitarnya, pasti tahu Ayam Crisbar.

Usaha kuliner Ayam Crisbar didirikan oleh tiga anak muda lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Ketiga lulusan ITB itu adalah Teddy Hamonangan, Hafizh Ihsanuddin, dan Filbert.

Berbekal inovasi dan pemanfaatan platform teknologi seperti Shopeefood, mereka sukses mengembangkan usaha gerobakan yang mereka bangun sejak masih kuliah di 2017.

Saat ini Ayam Crisbar sudah memiliki 17 gerai di Jawa Barat.

Sejak awal berdiri, usaha kuliner olahan ayam ini sukses menarik perhatian warga Bandung, khususnya mahasiswa yang jadi target pasar utama mereka.

Popularitas Ayam Crisbar dikenal lewat ayam crispy bakarnya yang ikonik dengan saus rahasia dan harga yang ramah untuk kantong mahasiswa.

Tak heran jika dalam setahun, usaha yang didirikan dengan modal awal sebesar Rp10 juta ini mampu berkembang pesat, hingga membuka 7 cabang baru di daerah Bandung.

“Masa pandemi adalah tantangan terberat bagi kami karena adanya larangan dine-in dan kebijakan kuliah daring,” kata Teddy Hamonangan, salah satu founder Ayam Crisbar.

Baca Juga: Lewat Platform Digital, GoFood Sukses Tingkatkan Transaksi Belanja Konsumen UMKM Lokal

DOK. AYAM CRISBAR

Ayam Crisbar andalkan Shopeefood.

Situasi itu membuat penjualan Ayam Crisbar sangat menurun.

Sejak saat itu, Ayam Crisbar fokus pada penjualan online dan layanan Shopeefood.

Rupanya penjualan online semakin meningkat, hingga Ayam Crisbar berani buka satu cabang khusus yang hanya melayani pemesanan online.

“Selain itu, kami juga berhasil ekspansi sampai keluar area Bandung, seperti Sumedang, Bekasi, dan Depok,” tambah Teddy.

Nah, bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober lalu, tiga anak muda inspiratif pendiri Ayam Crisbar ini turut membagikan strategi bisnis.

Mereka membagikan cara agar bisnis bertahan di tengah persaingan yang semakin ketat dan ketidakpastian situasi ekonomi.

Ketiganya berharap tips ini dapat membangkitkan semangat anak muda untuk turut berkontribusi menggerakkan perekonomian tanah air dengan membangun usaha lokal.

Berikut ini adalah tiga strategi dari pendiri Ayam Crisbar yang bisa diterapkan anak muda yang ingin mencoba membangun usaha kulinernya sendiri:

1. Perkuat Keunggulan Produk untuk Tampil Beda

Industri kuliner yang sangat kompetitif seolah mendorong para pelaku usaha untuk bisa lebih cermat dan kreatif dalam berinovasi memperkuat keunggulan produknya.

Tampil beda dari yang lain dapat menjadi cara yang tepat untuk menarik perhatian konsumen.

Baca Juga: Kenali UMKM Initial Coffee Roaster, Permudah Belanja Kopi Online Lewat Tokopedia

Banyaknya usaha olahan ayam tak membuat Ayam Crisbar gentar melakukan inovasi pada cara pengolahan menu ayam dan pembuatan saus spesialnya.

Ayam Crisbar hadir dengan menu unggulannya, yaitu ayam goreng crispy bakar dengan sensasi caramelized dan smoky.

Untuk menambah kenikmatan, Ayam Crisbar juga menciptakan saus Crisbee yang terbuat dari kaldu yang dimasak selama 8 jam dengan bumbu spesial.

2. Evaluasi Bisnis Secara Berkala

Untuk bisa terus relevan di pasar, pelaku usaha harus melakukan evaluasi berkala pada performa usaha, produk, dan layanan mereka.

Hasil evaluasi tersebut dapat menjadi acuan untuk menentukan strategi bisnis ke depannya.

Bagi Teddy, Hafizh, dan Filbert, evaluasi usaha menjadi hal yang sangat berperan penting dalam kesuksesan Ayam Crisbar.

“Kami secara aktif memanfaatkan beragam fitur di aplikasi Shopee Partner untuk memantau transaksi penjualan dan penilaian para pelanggan kami di seluruh cabang kami di ShopeeFood,” kata Teddy.

Data tersebut kemudian digunakan sebagai bahan evaluasi untuk menentukan strategi pengembangan bisnis Ayam Crisbar.

3. Tingkatkan Brand Awareness dan Kedekatan dengan Konsumen Melalui Teknologi Digital

Teddy dan tim percaya bahwa kanal digital bisa menjadi media yang tepat untuk meningkatkan brand awareness.

Baca Juga: Kisah Yoan Taway, Ciptakan Tas “Hermes Lokal” Unik, Tertarik Belanja?

Ayam Crisbar aktif menggunakan media sosial untuk menarik minat konsumen dengan menginformasikan beragam promo Shopeefood yang sedang berlangsung.

Seperti kampanye tanggal kembar, Flash Sale, Pay Day, dan Promo Bundling Menu.

Langkah ini terbukti efektif mendorong transaksi penjualan Ayam Crisbar, sekitar 60% dari total penjualan mereka di platform online berasal dari Shopeefood.

Ayam Crisbar juga menggunakan media sosial untuk meningkatkan kedekatan mereka dengan para konsumen.

Di Instagram misalnya, Ayam Crisbar sering membuat postingan menarik guna membangun interaksi dengan para followers setia Ayam Crisbar.

“Ke depannya, kami ingin memperluas jangkauan bisnis Ayam Crisbar hingga ke luar wilayah Jawa Barat,” ungkap Teddy.

Selain itu, mereka juga berharap dapat terus mempertahankan eksistensi bisnis kami di tengah situasi yang tak menentu saat ini.

“Kami percaya dengan memanfaatkan teknologi digital seperti Shopeefood, bisnis Ayam Crisbar dan juga para pemilik usaha lainnya bisa semakin terus bertumbuh,” tambah Teddy.

Para pelaku UMKM lainnya juga dapat mendaftar sebagai merchant Shopeefood dan ShopeePay melalui fitur Registrasi Mandiri di aplikasi Shopee Partner hanya dalam 1-5 hari kerja.

Melalui aplikasi Shopee Partner, pelaku usaha juga dapat mengakses berbagai fitur untuk mendukung operasional harian usaha mereka.

Seperti pembaruan transaksi secara instan, pengaturan jam operasional toko, serta mengubah dan menambah menu dengan mudah. (*)

Editor : Presi

Baca Lainnya