5 Tips Pilih Asuransi Kendaraan ala Allianz, Belanja yang Sesuai Kebutuhan!

Minggu, 30 Oktober 2022 | 22:00
Dok. Allianz Utama

Catat apa saja tips memilih asuransi kendaraan yang baik agar tidak salah belanja.

CERDASBELANJA.ID – Pemilik kendaraan wajib tahu beberapa tips memilih asuransi kendaraan di musim hujan agar tidak rugi setelah belanja asuransi.

Di musim hujan ini, pemilik kendaraan perlu berhati-hati dalam belanja asuransi kendaraan agar tidak salah pilih dan malah merugikan diri sendiri.

Pasalnya, saat musim hujan ada banyak risiko yang bisa menimpa kendaraan kita. Untuk itu, sebelum belanja asuransi kita wajib tahu dulu beberapa tips memilih asuransi kendaraan.

Sebagaimana diketahui, curah hujan dengan intensitas tinggi terjadi di berbagai wilayah Indonesia sepanjang bulan ini.

Terjadinya peningkatan curah hujan juga meningkatkan risiko banjir, sehingga para pemilik kendaraan bermotor perlu lebih waspada.

Pemilik kendaraan bermotor memang perlu memahami, bahwa kepemilikan kendaraan bermotor memiliki berbagai risiko yang harus siap dihadapi kapan saja.

Untuk itu, PT Asuransi Allianz Utama Indonesia kembali membeberkan tips yang perlu diketahui para pengendara saat memilih asuransi kendaraan, agar terlindungi dari musibah banjir.

Head of Personal Lines & Product Development Allianz Utama Indonesia Alwin Jasim mengatakan, bahwa banyak pemilik kendaraan yang merasa asuransi yang dimilikinya sudah lengkap, terlebih jika membeli kendaraan secara kredit melalui lembaga pembiayaan.

“Biasanya, membeli kendaraan melalui lembaga pembiayaan sudah termasuk asuransi kendaraan di dalamnya. Namun, tidak semua juga melindungi kendaraan secara menyeluruh, termasuk perlindungan akan musibah banjir. Mispersepsi ini, banyak terjadi terutama bagi yang baru pertama kali memiliki kendaraan,” ujar Alwin dalam keterangannya, dikutip Minggu (30/10).

Untuk itu, lanjut Alwin, Allianz Utama Indonesia ingin berbagi tips bagaimana selayaknya memilih asuransi kendaraan yang baik, sehingga kendaraan tersayang dapat terlindungi secara menyeluruh.

Termasuk perlindungan dari risiko banjir yang selalu menghantui pada musim hujan seperti saat ini. Secara terperinci, berikut adalah beberapa tips memilih asuransi kendaraan dari Allianz Utama.

Baca Juga: Rekomendasi Asuransi Khusus untuk UMKM dari Allianz, Belanja Sekarang!

1. Penting untuk Tahu Jenis Asuransi Kendaraan yang Diambil

Menurut Alwin, Ada dua jenis perlindungan atas kendaraan di masa kini. Pertama, Total Loss Only, alias pertanggungan atas kerugian total yang dialami oleh kendaraan akibat kehilangan atau pencurian.

Model pertanggungan semacam ini, biasanya disyaratkan oleh penyalur pinjaman pembelian kendaraan. Jadi, kendaraan yang diberi secara kredit lazimnya memiliki asuransi kendaraan jenis ini.

Artinya, jenis asuransi Total Loss Only hanya akan menanggung bila kendaraan hilang atau dinilai mengalami 75% kerusakan, serta penggantian akan dilakukan sesuai dengan nilai kendaraan dihitung dari lama pemakaian.

Perlindungan jenis kedua, adalah comprehensive. Risiko yang ditanggung oleh asuransi kendaraan jenis ini, mencakup risiko kehilangan dan risiko kendaraan mengalami kerusakan, baik sebagian maupun total akibat kecelakaan atau perbuatan jahat orang lain.

Namun, hal yang patut dicatat lagi ialah, istilah comprehensive di sini tidak bisa diartikan sebagai perlindungan yang menyeluruh terhadap segala jenis risiko.

Risiko kerusakan akibat banjir, misalnya, bisa saja tidak termasuk dalam kondisi yang ditanggung dalam polis asuransi kendaraan comprehensive.

Kebanyakan penyedia asuransi, mengelompokkan perlindungan atas risiko banjir sebagai perlindungan tambahan. Sesuai dengan ketentuan dari Otoritas Jasa Keuangan, perlindungan atas resiko banjir ini termasuk dalam perlindungan tambahan.

Jadi, jika ingin tahu apakah asuransi mobil yang dimiliki melindungi kerusakan akibat banjir, coba cek kembali polis dan pastikan memiliki perlindungan tambahan ini.

2. Kenali Reputasi Perusahaan

Pastikan bahwa perusahaan asuransi yang akan dipilih mempunyai reputasi yang baik. Penilaian atas reputasi ini, dapat kita lihat dari berbagai aspek.

Misalnya, apakah perusahaan tersebut banyak direkomendasikan oleh orang-orang terdekat kita? Lalu, apakah perusahaan tersebut memiliki rekam jejak yang baik? Apakah perusahaan tersebut banyak menerima keluhan dari nasabahnya di surat kabar?

Hal-hal seperti ini, sedikit banyak bisa membantu kita yang awam terhadap asuransi. Baru setelahnya bagi kita yang mengerti mengenai aspek finansial, bisa memeriksa laporan keuangan perusahaan tersebut, untuk melihat kekuatan modal dan kemampuannya membayar klaim.

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Punya Asuransi, Setara dengan Belanja Bulanan

3. Jangan Berpatokan pada Harga Premi

Tidak dapat dimungkiri, untuk mendapatkan kualitas yang baik kita kerap kali harus mengeluarkan uang lebih banyak.

Namun, kita juga sering kali tergiur dengan penawaran asuransi yang menyebutkan bahwa dengan premi yang murah, tetapi manfaatnya tetap banyak.

Siapa yang tidak tergiur? Ada baiknya kita memeriksa dengan teliti seluruh ketentuan yang diberikan di dalam polis. Biasanya, dari situ akan terlihat bahwa sebenarnya banyak risiko-risiko yang dikecualikan, dan jika kita menginginkan perluasan manfaat maka diperlukan biaya tambahan. Ujungnya, uang yang kita keluarkan akan tetap mahal juga.

Jadi sekali lagi, sangat penting untuk mempelajari terlebih dahulu hal apa saja yang dijamin dari penawaran tersebut.

4. Menawarkan Perluasan Perlindungan dengan Tambahan Premi

Seperti disebutkan di atas, biasanya perlindungan terhadap banjir biasanya dapat diambil sebagai tambahan perlindungan. Selain banjir, perluasan perlindungan yang ditawarkan pada umumnya meliputi layanan bantuan darurat di jalan raya, pencurian, huru-hara, juga ganti rugi pihak ketiga (third party liability).

Pastikan untuk membaca ketentuan dari masing-masing manfaat, sehingga kita mengetahui batas kompensasi yang akan didapatkan.

Jangan lupa juga untuk mengerti kebutuhan sebagai pemilik kendaraan, misal rumah yang ditempati rawan banjir, maka tambahan perlindungan untuk banjir menjadi krusial untuk diambil.

5. Memiliki Jaringan Bengkel Rekanan yang Luas dan Akses Pelayanan yang Lengkap

Pastikan juga perusahaan asuransi yang akan dipilih memiliki jaringan bengkel rekanan yang luas, serta memiliki kualitas dan terlisensi yang baik. Melalui jaringan bengkel yang luas, maka kita mempunyai pilihan yang lebih banyak untuk menentukan bengkel tempat mobil diperbaiki.

Misalnya, lokasi mudah dijangkau, bengkel berlisensi dan memiliki standar perawatan dan suku cadang yang tinggi serta sesuai dengan jenis kendaraan kita.

Akses pelayanan, merupakan salah satu faktor penting yang harus menjadi pertimbangan kita. Misalnya, apakah perusahaan asuransi memiliki akses yang mudah dihubungi terutama saat keadaan darurat.

Terlebih, pada kondisi saat ini yang mana kondisi hujan degan curah tinggi sering terjadi, risiko melewati area banyak genangan dan banjir tidak terhindarkan. Pilihlah perusahaan asuransi yang memiliki call center 24 jam, sehingga sewaktu terjadinya risiko, kita tidak perlu cemas.

Baca Juga: Keuntungan Pakai Asuransi Kendaraan di Musim Hujan, Belanja di Cekpremi.com

Selain itu, perusahaan asuransi kini juga banyak yang memberikan layanan keselamatan darurat di jalan raya, layanan derek gratis, dan lain sebagainya.

Namun, hal yang terpenting adalah pilih perusahaan asuransi yang memberikan kemudahan layanan ketika kita akan mengajukan klaim.

Banyak perusahaan asuransi yang kini bisa memproses klaim dalam satu hari, sebelum kendaraan kita direferensikan ke bengkel rekanan yang kita pilih.

Alwin menjelaskan, risiko memang selalu ada, tetapi persiapan yang matang bisa menyelamatkan kita dari masalah keuangan yang mungkin timbul di kemudian hari.

“Memiliki mobil sebagai aset bergerak, tentunya memiliki banyak biaya untuk perawatan dan perbaikan. Untuk itu, asuransi kendaraan bisa membantu pemilik kendaraan untuk memiliki perlindungan. Makanya penting untuk dengan bijak memilih asuransi yang baik untuk kendaraan tersayangnya,” tutup Alwin. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya