Belanja Coca-Cola Ikut Kurangi Sampah Plastik dengan Program Recycle Me, Bisa Dapat Subsidi Ongkir dan Saldo E-Wallet Hingga Rp25 Ribu!

Senin, 24 Oktober 2022 | 09:00
DOK. COCA-COLA INDONESIA

Luncurkan kembali program Recycle Me, kita bisa belanja Coca-Cola sambil ikut lindungi Bumi.

CERDASBELANJA.ID – Seperti kita tahu, belanja minuman kemasan kerap dianggap menambah beban sampah plastik di Bumi.

Pasalnya, minuman kemasan yang kita belanjakan banyak terbuat dari plastik tak ramah lingkungan.

Tak heran jika sudah banyak daerah melakukan kampanye pengurangan sampah plastik, salah satunya di tempat belanja dengan meniadakan kantong plastik.

Coca-Cola pun tak mau ketinggalan, dengan kembali meluncurkan program Recycle Me, yang memudahkan masyarakan mendaur ulang botol plastik PET bekas pakai.

Coca-Cola menghadirkan program ‘Recycle Me’ melalui kolaborasi bersama Yayasan Mahija Parahita Nusantara dan Waste4Change sebagai mitra pengumpulan sampah.

Recycle Me merupakan upaya berkelanjutan Coca-Cola Indonesia menginspirasi dan mendorong perubahan dalam pengumpulan dan daur ulang sampah plastik.

Tahun ini, program 'Recycle Me' meningkatkan insentif logistiknya hingga sebesar Rp30.000 dalam bentuk subsidi ongkir bagi 3.000 peserta pertama.

Jadi kita bisa mengumpulkan, memilah, dan mengirimkan botol plastik PET bekas pakai ke collecting center yang dikelola Mahija Parahita Nusantara.

Kemudian, melalui situs Waste4Change yang berada di Jakarta dan sekitarnya, kita bisa dapat poin reward karena turut berpartisipasi dalam proses daur ulang.

Botol plastik PET bekas pakai yang telah terkumpul akan didaur ulang dan diubah jadi kaus, tas, dan produk yang bermanfaat lainnya.

“Kami senantiasa mendorong lebih banyak orang mendaur ulang dan membantu memberikan kehidupan kedua bagi botol plastik PET bekas pakai,” kata Triyono Prijosoesilo, Director of Public Affairs, Communications and Sustainability PT Coca-Cola Indonesia.

Baca Juga: Dukung Gerakan Dunia Tanpa Sampah, Coca Cola Indonesia Luncurkan Recycle Me dan Ajak Konsumen Daur Ulang Kemasan Bekas Pakai

Triyono menambahkan, botol plastik yang digunakan bukanlah sampah dan masih memiliki nilai.

Pada program ‘Recycle Me’ tahun kedua ini, Coca-Cola Indonesia membantu meningkatkan kesadaran akan daur ulang, mulai pemahaman, proses, hingga di mana daur ulang dapat dilakukan.

“Kami ingin memastikan agar botol-botol tersebut terdaur ulang dan mendapatkan kehidupan kedua,” tambah Triyono.

Tahun lalu, program Recycle Me berhasil mengumpulkan lebih dari 220 kilogram botol plastik dari ribuan partisipan yang berjalan selama Oktober-Desember 2021.

Tahun ini, program ‘Recycle Me’ diperluas dengan memungkinkan konsumen mengirimkan kemasan botol plastik bekas pakai ke sejumlah titik pengumpulan di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi.

Lalu konsumen yang menukarkan botol itu dapat poin reward dari program ini.

Lucia Karina, Public Affairs, Communications, and Sustainability Director for Indonesia and PNG Coca-Cola Europacific Partners, mengungkapkan bahwa Yayasan Mahija Parahita Nusantara akan menyediakan delapan collection center untuk menyalurkan botol plastik PET plastik bekas pakai pada program Recycle Me.

Nantinya, semua botol plastik PET yang terkumpul oleh Mahija akan didaur ulang oleh Amandina Bumi Nusantara, yang beroperasi di bawah Coca-Cola Europacific Partners bersinergi dengan Dynapack Asia.

Fasilitas daur ulang PET plastik ini akan menciptakan rantai pasokan kemasan plastik lingkar tertutup (closed-loop) di Indonesia.

Dengan memproduksi pelet plastik berbahan dari botol plastik pasca konsumsi yang aman untuk produk makanan dan minuman.

Pada tahun 2022, Amandina memiliki kapasitas daur ulang sebesar 15.000 ton/tahun, dengan rencana peningkatan menjadi 25.000 ton/tahun pada tahun 2023.

Mohamad Bijaksana Junerosano, Managing Director Waste4Change yakin bahwa program Recycle Me tahun ini akan memiliki dampak jauh lebih besar dalam mengurangi sampah plastik di Indonesia.

Baca Juga: Gratis! Begini Cara Dapat Pulsa, Token Listrik, atau Saldo e-Wallet dari Coca Cola Indonesia Lewat Program Recycle Me, Plus Subsidi Ongkir!

Program Recycle Me ini sendiri merupakan bagian penting dari visi Coca-Cola dalam menciptakan “World Without Waste”, yang salah satunya diwujudkan melalui pencapaian target zero waste pada tahun 2030.

Program ‘Recycle Me’ ini berjalan selama 3 bulan dimulai pada 20 Oktober- 20 Desember 2022.

Untuk mengikuti program ini, buka situs Recycle Me Coca-Cola, lalu klik banner untuk mendaftar ke aplikasi Waste4Change.

Tiga ribu konsumen pertama yang berpartisipasi akan mendapatkan subsidi ongkos kirim hingga maksimal Rp30.000.

Selain itu, konsumen berkesempatan meraih poin reward yang dapat ditukarkan dengan pulsa telepon, token listrik dan e-wallet senilai maksimal Rp 25.000 di beragam merchant yang tersedia. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya