Cara Meningkatkan Omzet Bisnis ala Diet Special Needs, Tingkatkan Pelayanan ke Pelanggan

Kamis, 05 Mei 2022 | 21:00
tokopedia.com/ummubebek

Nugget Ayam Probiotik dari Diet Special Needs

CERDASBELANJA.ID – Menjalankan bisnis makanan sudah pasti melewati banyak rintangan, sama halnya yang dirasakan Diet Special Needs.

Founder Diet Special Needs Difansa Rachmani menjelaskan, ada beberapa tantangan yang dihadapi selama membangun bisnis Diet Special Needs.

Pertama, dari segi dana yang masih kurang bisa memenuhi permintaan pelanggan yang ingin memesan makanan custom. Apalagi, mengolah makanan untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) tidak mudah karena ada banyak pantangan yang perlu diperhatikan.

Kedua, peralatan memasak yang masih kurang memadai. Menurut Difa, saat membuat makanan khusus ABK ini, ia menggunakan alat masak berbahan kaca atau stainless steel yang lebih aman.

Ketiga, sumber daya manusia (SDM) yang masih belum cukup banyak. Saat ini, Diet Special Needs punya sekitar 10 karyawan yang membantu Difa mengolah makanan bagi ABK. Jumlah pegawai ini masih minim apalagi jika pesanan Diet Special Needs melonjak.

Meski demikian, Difa punya resep sendiri untuk meningkatkan omzet bisnisnya. Jika ingin mengikuti, berikut adalah beberapa cara meningkatkan omzet bisnis ala Diet Special Needs.

1. Tingkatkan Layanan Kepada Pembeli

Cara meningkatkan omzet bisnis yang pertama, adalah harus meningkatkan layanan kepada pembeli.

Pada bulan Ramadan lalu, misalnya, Difa mengaku ada banyak konsumen yang menghubunginya di tengah malam atau di jam sahur. Jadi, ia sering kali membalas pesan mereka di jam tersebut agar pelanggan tidak menunggu lama.

“Jadi kami sering saat bangun tidur langsung buka ponsel untuk balas chat konsumen,” jelas Difa dalam diskusi virtual beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Bisnis Lokal Dekayu, Manfaatkan Platform Digital untuk Kenalkan Produk Kerajinan dari Kayu

tokopedia.com/ummubebek
tokopedia.com/ummubebek

Kecap Manis Non Kedelai dari Diet Special Needs

2. Maksimalkan Berbagai Program Menarik

Cara meningkatkan omzet bisnis yang kedua, adalah memaksimalkan berbagai program menarik yang disediakan platform online seperti Tokopedia.

Difa mengaku, pihaknya kerap kali menggunakan berbagai program dan fitur menarik yang ada di Tokopedia.

“Misalnya kami ikut kampanye Ramadan Ekstra dan Parsel Ramadan. Kami juga pakai Top Ads dan yang paling penting, kami selalu top up Top Ads, ada juga beberapa voucher yang kita coba kita pakai. Berbagai produk tersebut sangat signifikan pengaruhnya untuk penjualan kami,” tegas Difa.

3. Jaga Ketersediaan Stok

Cara meningkatkan omzet bisnis yang ketiga, adalah selalu menjaga ketersediaan stok makanan.

Apalagi, produk makanan Diet Special Needs banyak dibutuhkan konsumen yang punya banyak pantangan dalam mengonsumsi makanan.

“Jadi, kalau stok aman InsyaAllah perputarannya cepat juga. Kami juga bisa selalu membuat produk yang best seller,” kata Difa.

4. Tidak Lelah Menjawab Pertanyaan Seputar Produk

Cara meningkatkan omzet bisnis yang keempat, adalah tidak lelah menjawab pertanyaan konsumen seputar produk.

Sebagaimana diketahui, Diet Special Needs adalah UMKM lokal yang menyediakan makanan khusus untuk ABK. Berbagai produk yang dijual Diet Special Needs, menggunakan bahan khusus yang aman dikonsumsi ABK, penderita diabetes, kanker, hipertensi, dan asam lambung.

Untuk itu, ada banyak konsumen yang bertanya dan berkonsultasi kepada Difa mengenai makanan yang cocok mereka konsumsi.

Baca Juga: Angkat Kisah Bisnis Rentique, GoPlay dan CIMB Niaga Hadirkan Cerita Kejar Mimpi Movie

Difa menekankan untuk tidak lelah menjawab pertanyaan konsumen yang menanyakan produk, apalagi terkait kandungan di dalamnya.

“Kami juga selalu bertanya apa saja pantangan makanan mereka, barulah kami merekomendasikan makanan di Diet Special Needs. Pasalnya, kalau sampai salah juga kan bahaya bagi mereka,” tutup Difa. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya