Sambut Ekonomi yang Membaik, Gojek dan GoTo Financial Bagikan Tren Bisnis Ramadhan untuk Tingkatkan Penjualan

Jumat, 08 April 2022 | 11:00
DOK. Gojek

Tren bisnis Ramadhan 2022 ala Gojek dan GoTo Financial

CERDASBELANJA.ID – Gojek dan GoTo Financial berbagi pengetahuan bisnis berbasis data selama bulan Ramadhan (Ramadan).

Terkhusus tren dan pola konsumen dalam pembayaran, produk ritel dan jasa, hingga food delivery melalui ebook dan series podcast bertajuk Lika Liku Laku.

Sambut situasi ekonomi yang kian membaik, pelaku usaha perlu terus beradaptasi guna meningkatkan transaksi bisnis dan terus menumbuhkan bisnis.

Hal ini dapat dilihat dari pola transaksi bisnis yang terus berubah secara dinamis dalam dua tahun terakhir, termasuk pada momen Ramadhan.

Diharapkan mitra usaha dapat menyusun strategi bisnis yang tepat untuk meningkatkan transaksi pada periode Ramadan dan Hari Raya.

Gojek dan GoTo Financial telah bersama-sama mitra usaha melewati dua kali Ramadan selama pandemi.

Berdasarkan pengalaman itu, berikut insight dan tren bisnis Ramadhan untuk tingkatkan penjualan bagi pelaku usaha berdasarkan data internal Gojek dan GoTo Financial.

1. Tren Pembayaran

Dompet digital atau e-wallet masih menjadi mayoritas metode pembayaran konsumen di Indonesia melalui payment gateway Midtrans.

Baca Juga: 5 Aplikasi Bisnis Tanpa Modal untuk UMKM, Bisa Memudahkan Usaha

DOK. Gojek

Tren bisnis Ramadhan ala Gojek dan GoTo Financial

Pada Ramadhan 2021, data internal Midtrans menunjukkan GoPay menjadi metode pembayaran utama hingga lebih dari 60% transaksi.

Pembayaran menggunakan kartu kredit di toko offline melalui GoBiz PLUS meningkat 46% di bulan Ramadhan 2021.

Maka dari itu, mitra usaha perlu mempersiapkan opsi pembayaran yang lengkap untuk menjangkau segmen konsumen yang lebih luas.

2. Tren Produk Ritel dan Jasa

Terjadi peningkatan penjualan produk fashion & beauty di bulan Ramadan hingga 285%, dengan dibandingkan bulan-bulan sebelum Ramadhan tahun 2021.

Geliat bisnis offline sudah mulai bangkit kembali seiring konsumen mempersiapkan koleksi baju baru untuk lebaran.

Mitra usaha yang berhasil menerapkan strategi yang tepat di bulan Ramadhan berpotensi mendapatkan hasil penjualan yang lebih besar bahkan setelah Ramadhan.

3. Tren Pengantaran Makanan

UMKM dapat berinovasi di GoFood untuk menu-menu makanan dan minuman yang diminati masyarakat untuk takjil dan berbuka puasa.

Baca Juga: Youtap Hadirkan Program Mitra Usaha, Cocok untuk Mulai Usaha Baru

Selain menu jajanan dan aneka minuman yang banyak dipesan sebagai takjil, menu favorit selama Ramadhan berupa makanan pokok yaitu aneka nasi, hingga makanan siap saji.

Selain itu, UMKM juga bisa mengandalkan promosi melalui GoFood untuk meningkatkan basket size dan jangkau pelanggan lebih jauh.

Agar UMKM terus menjadi pilihan bagi pelanggan, GoFood turut menghadirkan promo Pasti Ada Promo selama bulan Ramadhan 2022.

Tren serta insight bisnis selama Ramadan lebih lengkap, bisa diakses dalam ebook “5 Tips #JosGandos Dongkrak Penjualan Selama Ramadan 2022” secara gratis pada tautan gjk.id/josgandos.

Masyarakat juga dapat mengakses program edukasi Lika Liku Laku melalui youtube dan podcast Mitra Usaha Gojek.(*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya