Follow Us

5 Aplikasi Bisnis Tanpa Modal untuk UMKM, Bisa Memudahkan Usaha

Wulan - Sabtu, 19 Maret 2022 | 20:05
Ilustrasi aplikasi untuk pelaku usaha
Dok. Youtap

Ilustrasi aplikasi untuk pelaku usaha

CERDASBELANJA.ID – Keberadaan teknologi, telah menawarkan banyak peluang menarik bagi mereka yang memiliki usaha agar dapat meraih keuntungan lebih banyak.

Pasalnya, hanya bermodalkan ponsel, UMKM dapat memaksimalkan usahanya lewat aplikasi bisnis, baik itu masih di tahap awal merintis maupun saat kita mulai menjual produk.

Beberapa kemudahan yang bisa didapat dari aplikasi bisnis, yaitu lebih mudah dan rapi mengoperasikan bisnis sehari-hari, tidak menghabiskan uang banyak karena beberapa fitur yang tersedia sudah gratis, serta mampu memberi pelayanan optimal bagi pelanggan.

Aplikasi seperti inilah yang cocok digunakan karena bisa mempermudah bisnis UMKM. Tidak hanya pelaku usaha yang masih di fase awal merintis usaha, aplikasi ini juga cocok digunakan pemilik UMKM yang sudah menjalani bisnis, tetapi ingin mengembangkan usaha lebih baik lagi.

Jangan khawatir, aplikasi bisnis ini bisa digunakan secara gratis. Jadi, pelaku UMKM bisa membuat usahanya lebih produktif, dengan modal minim.

Jika ingin mencoba, berikut adalah beberapa aplikasi binis yang bisa digunakan bagi para pelaku usaha.

1. Aplikasi Catatan dan Analitik

Menangkap ide saat inspirasi datang, sangat penting agar bisnis kita bisa semakin maju. Untuk menjadi pebisnis yang terorganisasi, Evernote dan OneNote bisa menjadi solusi utama.

Melalui fitur yang cukup kaya, kedua aplikasi ini bisa membantu kita ataupun tim dalam berbagai kebutuhan. Mulai dari mulai menyatukan catatan, checklist, hingga membuat jadwal.

Tidak hanya itu, menemukan ide bisnis juga perlu riset mendalam. Oleh karena itu, tools seperti Google Analytics dan Ahrefs juga dapat dimanfaatkan agar kita dapat mengikuti perkembangan terkini, hingga mengenal peta persaingan bisnis agar mampu mengambil strategi yang tepat.

Baca Juga: Titipku dan Agung Sedayu Group Kerja Sama, Fasilitasi Pedagang di Pasar Jualan Online

2. Aplikasi Pengelolaan Usaha All in One

Editor : Cerdas Belanja

Baca Lainnya

Latest