Mampu Berkembang Seiring Zaman, Begini Kisah Perempuan Inspiratif Indonesia

Sabtu, 12 Maret 2022 | 18:00
Dok. Shopee

Shopee bagikan kisah womenpreneur Indonesia

CERDASBELANJA.ID – Masih dalam suasana Hari Perempuan Internasional, Shopee membagikan kisah inspiratif dari tiga sosok perempuan hebat.

Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, kesempatan dan peluang semakin terbuka lebar bagi perempuan untuk terus berkarya.

Kini, tidak ada lagi limitasi maupun batas bagi seorang perempuan untuk dapat menggapai cita-cita dan keinginan yang mereka miliki.

Berbekal ketekunan dan dukungan dari orang-orang terkasih, serta lingkungan sekitar yang suportif dan positif, terciptalah banyak perempuan kuat Indonesia yang mampu meraih kesuksesan dalam segala hal.

Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna mengatakan, sejalan dengan kampanye Shopee 3.15 Hari Belanja Konsumen, Shopee dengan bangga membagikan kisah inspiratif dari tiga perempuan hebat dalam rangkaian kemeriahan Hari Perempuan Internasional.

Monica menjelaskan, perempuan memiliki ragam peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, maka dari itu Shopee memiliki tujuan untuk mempermudah, sekaligus mendukung seluruh pengguna dalam menavigasi berbagai peran yang harus mereka jalani.

“Kami harap, cerita dari ketiga pebisnis perempuan ini dapat menginspirasi para perempuan lainnya di luar sana yang ingin mewujudkan potensi diri sendiri, serta semakin berani untuk mencoba hal-hal baru,” ujar Monica, dikutip Sabtu (12/3).

1. Nurlisa, Seorang Mompreneur Dibalik Kesuksesan Toko Sepatu Trendy Wanita Nunulisatan

Nurlisa

Nurlisa, atau yang akrab disapa dengan Lisa, adalah seorang ibu, istri, dan juga pengusaha. Nurlisa suka menghabiskan waktu senggang, dengan berkumpul bersama keluarga dan menonton drama korea, atau membaca komik kesukaan.

Kesibukan Nurlisa sehari-hari, adalah mengurus anak sembari mengembangkan bisnis toko sepatu online di Shopee, yaitu Nunulisatan.

Baca Juga: Cara Cerdas Investasi Reksa Dana di Tokopedia, Solusi Selain Shopee

Bisnis ini, dimulai pada tahun 2016 dari keinginan hati yang tulus untuk membantu suami agar dapat memberikan yang terbaik untuk kebutuhan anaknya.

“Sebagai seorang mompreneur, berjualan secara online di Shopee memberikanku keluasan waktu bekerja, sehingga tetap dapat menghabiskan waktu bersama dengan suami dan anakku sambil memantau toko dari rumah," ungkap Lisa.

Lisa mengaku, Shopee mempunyai peran penting dalam menjalankan perannya sebagai seorang ibu dan juga pengusaha.

Khususnya dalam perjalanan bisnis Nunulisatan, Shopee memiliki sistem berjualan yang mudah, sehingga Nunulisatan bisa menjangkau pasar penjualan yang lebih luas.

Tidak hanya itu, sebagai salah satu pengguna loyal, Lisa merasa Shopee sangat membantu kesehariannya yang juga berperan sebagai seorang ibu di rumah.

Di tengah-tengah kesibukannya, Lisa tetap dapat memenuhi kebutuhan anak dan rumah tangganya seperti susu, mainan, hingga buku hanya dengan belanja melalui aplikasi Shopee.

Lisa menambahkan, melalui jerih payahnya, ia telah berhasil membelikan rumah bagi kedua orang tuanya.

Nurlisa merasa sangat beruntung karena kesuksesan dirinya, tidak luput dari dukungan yang konstan dari suami dan keluarga yang selalu siap siaga jika ia membutuhkan bantuan.

“Pesanku untuk para mompreneur hebat lainnya, jangan pernah takut untuk bermimpi yang besar. Nikmati perjalanannya dan yakin bahwa segala hal yang kita lakukan sedikit demi sedikit, akan membawa kita semakin dekat dalam mewujudkan mimpi kita," tutup Nurlisa.

Baca Juga: Hari Perempuan Sedunia, Tokopedia Catat Peningkatan Jumlah Perempuan Pegiat Usaha Lokal

2. Rizkya Ria, Mengelola Toko Tasanyamanjogja dari Produksi Hingga Pemasaran

Rizkya Ria

Rizkya adalah seorang womanpreneur muda yang kini telah sukses mengembangkan bisnisnya. Tidak hanya menjual, ia juga memberdayakan sejumlah perajin lokal, sehingga berhasil menjadi produsen yang menghasilkan serangkaian produk kerajinan.

Misalnya, seperti dekorasi dan perlengkapan rumah, hingga aksesori dan tas. Rizkya menjelaskan, kini seharian penuh mulai Senin sampai Sabtu ia gunakan untuk mengurus toko sekaligus mengawasi proses produksi Tasanyamanjogja.

Mulai dari mengelola akun di Shopee, menyediakan bahan produksi, cek kualitas finishing, sampai promosi toko di platform media sosial semua ia tangani sendiri.

Meski begitu, ia juga tidak pernah lupa meluangkan waktu untuk quality time bersama orang-orang terdekatku. Biasanya, hari Minggu sengaja ia luangkan untuk berjalan-jalan bersama keluarga agar bisa melepas penat.

“Memang terkadang rasanya melelahkan, tetapi semuanya aku jalankan dengan tulus dan senang hati karena adanya keluarga dan orang-orang tersayang yang selalu mendukung dan menjadi motivasi untukku,” kata Rizkya.

Bisnis Tasanyamanjogja milik Rizkya, dimulai ketika ia masih berusia 22 tahun. Menurut Rizkya, kehadiran Shopee dengan rangkaian kampanye dan inovasinya membuat pemasaran produk jadi lebih mudah dan sangat membantu perkembangan Tasanyamanjogja.

Tidak hanya meringankan tugasnya sebagai seorang pebisnis, Shopee juga telah membantu Rizkya untuk melengkapi kebutuhannya sebagai konsumen.

Mulai dari kebutuhan pribadi seperti produk kecantikan dan fashion, hingga kebutuhan rumah tangga melalui fitur membayar tagihan listrik dan membeli kuota internet.

Rizkya percaya, bahwa para womenpreneur muda lain di luar sana juga memiliki potensi yang sama untuk meraih kesuksesan seperti dirinya.

Baca Juga: Hari Perempuan Internasional, Google Ajak Perempuan Buka Suara

Rizkya berpesan, untuk pebisnis perempuan lain yang saat ini baru ingin memulai atau sedang mengembangkan bisnisnya, ia berharap mereka semua tidak patah semangat. Rizkya meyakinkan, agar mereka terus berusaha dan percaya bahwa usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil.

“Menurutku, sebagai seorang perempuan kita harus terus berjuang agar bisa menginspirasi generasi perempuan berikutnya di sekitar kita. Jangan lupa untuk ikut memberdayakan perempuan lain di sekitarmu, agar kita semua bisa maju bersama, ya!"

3. Ipah Syaripah, Ibu Rumah Tangga Tangguh Pemilik Usaha Tas Kamiyastuff

Ipah Syaripah, Ibu Rumah Tangga Tangguh Pemilik Usaha Tas Kamiyastuff

Kamiyastuff merupakan sebuah bisnis tas yang dimulai oleh seorang ibu rumah tangga bernama Ipah. Usaha ini, didirikan karena keinginan Ipah untuk membantu keuangan keluarga tanpa harus mengurangi tanggung jawabnya sebagai seorang ibu rumah tangga.

Selain memiliki peran yang penting di rumah, Ipah juga bangga dengan prestasi yang ia raih dalam kariernya, seperti mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang-orang di sekitarnya melalui Kamiyastuff.

Ipah menceritakan, sebagai seorang ibu empat anak, baginya mempunyai skala prioritas selalu menjadi kunci utama. Prioritas pertama Ipah sehari-harinya, adalah menyelesaikan semua urusan rumah tangga.

Untuk melepas penat, biasanya Ipah menjalankan salah satu hobinya, yaitu membaca buku. Setelah itu, ia baru berfokus mengurusi pekerjaan sebagai seorang pengusaha pemilik Kamiyastuff.

Sebisa mungkin, ia harus bisa berlaku adil dalam memosisikan diri agar dapat tercipta keseimbangan antara dua peran yang dijalani.

Menurut Ipah, ia termasuk perempuan yang beruntung karena selalu mendapatkan dukungan positif di setiap langkah yang aku jalani. Dukungan ini, datang dari orang tua beserta suami dan juga kerabat-kerabat terdekat baik dari segi materi, waktu, tenaga hingga doa yang mereka berikan.

“Aku selalu mempunyai ambisi tersendiri untuk terus belajar menjadi entrepreneur yang lebih baik untuk kesuksesan Kamiyastuff. Melalui hal ini, aku percaya bahwa pada suatu saat nanti Kamiyastuff bisa menjadi sebuah merek yang dikenal dalam skala internasional," jelas Ipah.

Baca Juga: Semangat Hari Perempuan, Pengusaha Lokal Terus Berinovasi di Tokopedia

Demi mewujudkan hal tersebut, Ipah akhirnya mulai mencoba merambah kanal digital untuk penjualan produk Kamiyastuff karena adanya kemudahan dalam mempromosikan produk.

Tidak hanya sebagai penjual, Ipah juga kerap memanfaatkan kemudahan yang ditawarkan Shopee untuk melengkapi kebutuhannya sebagai seorang ibu. Misalnya, seperti perlengkapan rumah tangga hingga pakaian dan mainan untuk anak-anaknya.

Ipah menjelaskan, ia ingin mengingatkan bagi para ibu lainnya di luar sana agar jangan pernah berkecil harapan.

Di era digital seperti saat ini, banyak sekali peluang yang bisa kita manfaatkan untuk berkarya atau memulai bisnis dari rumah, tanpa khawatir peran dan tanggung jawab kita sebagai seorang ibu akan terganggu.

“Percayalah bahwa jika kita bersungguh-sungguh dan telah mendapatkan dukungan dari orang-orang terdekat kita, apa pun yang kita usahakan bisa tercapai. Semangat terus untuk para perempuan hebat Indonesia!” tutup Ipah.

Di dalam menjalankan berbagai peran, ketiga sosok perempuan hebat ini tidak hanya memanfaatkan peluang yang dihadirkan oleh Shopee.

Namun, mereka juga memanfaatkan rangkaian inovasi fitur yang memudahkan dan memberikan kesempatan untuk memperluas jangkauan produk mereka. Salah satunya, melalui kampanye Shopee 3.15 Hari Belanja Konsumen.

Pada kampanye Shopee 3.15 Hari Belanja Konsumen yang berlangsung hingga 15 Maret 2022, para pengguna berkesempatan untuk memenuhi kebutuhan, serta mendukung produk usaha ketiga sosok perempuan hebat ini dengan mengunjungi tokonya dan berbelanja.

Terlebih, terdapat ragam promo belanja menarik lainnya seperti SPaylater Gratis Ongkir Rp0, Voucher Toko 30% + Voucher Diskon 15%, dan Murah Lebay Ekstra Diskon Rp10 ribu yang bisa dimanfaatkan untuk pengalaman berbelanja yang lebih menguntungkan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kampanye Shopee 3.15 Hari Belanja Konsumen, silakan kunjungi https://shopee.co.id/m/3-15-hari-belanja-konsumen. (*)

Baca Juga: Promo Shopee 3.15 Hari Cashback Shopeepay, Beli Voucher Jajan Janji Jiwa Hanya Rp30

Editor : Yunus

Baca Lainnya