CERDASBELANJA.ID – Pandemi Covid-19 menjadi momentum percepatan transformasi digital di berbagai bidang, baik dalam kehidupan masyarakat secara luas maupun industri.
Sebagaimana diketahui pangsa pasar Indonesia sangat besar, maka dari itu transformasi digital di lingkungan BUMN saat ini merupakan sebuah kewajiban. Termasuk sektor industri yang ramah dengan teknologi dan cakap digital.
PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, terus bertransformasi dengan menguatkan penjualannya dengan meluncurkan aplikasi yang memudahkan pembelian produk baja, yaitu KRASmart Marketplace.
Aplikasi KRASmart Marketplace kini sudah dapat diunduh di Google Playstore ataupun App Store.
Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim berharap, aplikasi ini dapat memudahkan konsumen untuk melakukan transaksi pembelian kapan dan di mana pun.
“Dengan demikian, nantinya akan meningkatkan penjualan, produktivitas, dan efisiensi masing-masing sales force,” ujar Silmy, dikutip Minggu (5/12).
Baca Juga: Konsep Toko Terbaru, LEGO Group hadirkan LEGO® Certified Store di Pondok Indah Mall 3
Platform penjualan ini menyediakan berbagai produk baja dari Krakatau Steel dan Group dari produk baja hulu hingga produk baja hilir.
Dengan demikian, akan terintegrasi dan konsumen dapat berbelanja produk baja sama seperti marketplace retail yang umumnya digunakan untuk consumer goods.
Silmy melanjutkan, fitur yang kurang lebih mirip dengan martketplace retail ini akan membawa perubahan bagi industri baja yang selama ini melakukan penjualan secara konvensional.
“Indonesia memiliki potensi yang sangat besar di sektor ekonomi digital, sehingga Krakatau Steel sudah mengantisipasi tantangan era digital ke depannya. KRASmart Marketplace sangat penting untuk pembukaan pasar-pasar baru, serta penetrasi pasar produk-produk hilirisasi,” papar Silmy.
Tidak hanya KRASMart Marketplace, program digitalisasi lainnya yang sudah dilakukan di antaranya, aplikasi salesforce digitalization, Digital Control Tower, KRASmart Connect, dan KRASsoptima.
Digitalisasi yang terjadi di Krakatau Steel berdampak baik bagi peningkatan kinerjanya. Sampai Oktober 2021, Krakatau Steel diketahui telah berhasil mencatatkan laba bersih Rp1,05 triliun, dengan nilai penjualan Rp26,5 triliun.
Baca Juga: Rayakan Hari Difabel Sedunia, Tokopedia Luncurkan Fitur Voice Over
Nilai ini meningkat 73,19% dari sebelumnya sebesar Rp15,3 triliun di periode yang sama di tahun 2020.
Silmy menambahkan, Krakatau Steel akan terus bangkit dan melaju dalam menjalankan usahanya, dengan menciptakan industri yang berdaya saing global dengan membanggakan produk dalam negeri, serta optimis berkontribusi dalam pertumbuhan bangsa.
“Di tahun 2022, kami memproyeksikan peningkatan penjualan hingga 26%, terlebih dengan adanya platform digital ini. Kami yakin, Krakatau Steel akan dapat meluaskan pangsa pasarnya, bahkan hingga ke berbagai negara tujuan ekspor baru selama mereka dapat mengakses KRASmart Marketplace,” tutup Silmy. (*)
Baca Juga: Tak Cuma Beli Tiket, Aplikasi KAI Access Juga Bisa Buat Pesan Makanan dan Cek Pengiriman Barang